Breaking News

Pemkot Sukabumi Gelar Sidang Isbath Nikah, Diikuti 13 Pasang Suami Istri

Wali Kota Sukabumi Achmad Fami (baris depan ke-3 dari kiri) foto bareng usai membuka sidang isbath nikah, Jumat (25/08/2023) // Foto : Diskominfo Kota Sukabumi

FOKUSMEDIANEWS.COM, SUKABUMI KOTA – Sebanyak 13 pasang suami istri yang berasal dari kategori warga kurang mampu mengikuti sidang isbath nikah yang diselenggarakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) bekerja sama dengan Kementerian Agama, Pengadilan Agama serta TP – PKK Kota Sukabumi, di Selamat Toserba, Jum’at (25/08/2023).

Sidang isbath nikah yang dibuka langsung Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Sukabumi ke – 109 dan HUT Ke – 78 Kemerdekaan Republik Indonesia,

Baca Juga :   Dinkukmdagin Kota Bogor Launching Si-eMet

Sekretaris Disdukcapil, Hudi K Wahyu, dalam laporannya menyebutkan, ke-13 pasangan tersebut sebelumnya telah menikah secara siri tetapi belum memiliki dokumen pernikahan resmi.

Sedangkan Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi, menyampaikan salah satu tujuan dari diadakannya sidang isbath nikah adalah untuk mewujudkan tertib administrasi kependudukan, dan memberikan perlindungan hukum bagi pasangan suami istri beserta keluarga mereka.

Baca Juga :   Akibat Derasnya Hujan, Jembatan di Kampung Cikakak Kelurahan Surade Rusak Berat

” Melalui kegiatan ini Pemerintah Kota Sukabumi ingin memperkuat jalinan rumah tangga yang telah dijalani oleh setiap pasangan suami istri selama bertahun-tahun,” ucapnya.

Masih menurut Fahmi, sidang isbath nikah merupakan salah satu bentuk kehadiran pemerintah untuk membantu warganya. Diharapkan kegiatan yang rutin diadakan setiap tahun dapat semakin banyak memfasilitasi pasangan suami istri yang hingga saat ini pernikahannya belum tercatat secara resmi oleh negara.

Baca Juga :   Peduli Terhadap Kebersihan Lingkungan Pesisir, 10 Mahasiswa KKNT-I IPB Lakukan KOLABORAKSI

“Kegiatan kolaboratif ini dilaksanakan oleh Pemda, Kementerian Agama, Pengadilan Agama dan juga oleh Selamat Toserba. Rutin kita lakukan setiap tahun, untuk memastikan kepada masyarakat bahwa pemerintah hadir. Tentunya kita berharap semakin banyak masyarakat yang bisa mengikuti isbath nikah,” jelasnya. (*Rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *