Breaking News

Percepat Pengembangan Literasi, 26.215 Puisi karya Pelajar Kota Sukabumi Pecahkan Rekor MURI

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dengan sejumlah pendidik dan pelajar memperlihatkan piala rekor MURI sebagai penulisan puisi terbanyak oleh pelajar di Kota Sukabumi ( Foto : sukabumi.go.id)

FOKUSMEDIANEWS.COM, KOTA SUKABUMI – Puisi sebanyak 26.215 hasil karya 10 ribu pelajar di Kota Sukabumi mengantarkan Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi pecahkan rekor MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia) sebagai penulisan puisi terbanyak. Penghargaan tersebut diserahkan oleh MURI kepada Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi, pada 14 September 2023 dalam sebuah acara yang digelar di Plaza Balai Kota Sukabumi.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Nenden, dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan pemecahan rekor penulisan puisi terbanyak hasil karya pelajar dari tingkat SD hingga SMA Sederajat di Kota Sukabumi, digagas oleh Komunitas Sukabumi Suka Buku dan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Sukabumi, bekerja sama dengan beberapa pihak seperti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi, Kementerian Agama, Komunitas Penulis Buku Perempuan, dan FLT Kota Sukabumi.

Baca Juga :   Wabup Sukabumi : Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Sangat Penting Di Era Digita

Adapun puisi bertemakan “Sejuta Cinta Sejuta Cerita” yang terkumpul dari bulan Juli hingga Agustus adalah sebanyak 26.215 puisi, hasil karya 10 ribu orang pelajar dari berbagai sekolah.

Wali Kota dalam sambutannya sangat mengapresiasi karya para pelajar tersebut. Menurutnya, puisi tersebut tidak hanya sebagai karya tulis tetapi juga merupakan upaya untuk menghadirkan peradaban baik di Kota Sukabumi.

Baca Juga :   Perkuat Ketahanan Pangan, Pemkot Sukabumi Luncurkan Aplikasi SIPANDA

Usai penyerahan rekor Muri, Wali Kota juga mengharapkan, penulisan 30 ribu puisi yang menjadi target awal pemecahan rekor dapat dipenuhi, dalam rangka percepatan pengembangan literasi di Kota Sukabumi.

“Rekor Muri ini awalnya digagas oleh Sukabumi Suka Buku karena ingin literasi di Kota Sukabumi melesat sesuai dengan visi misi yang ada di Pemerintah Kota Sukabumi. Alhamdulillah dari target 30 ribu yang diharapkan, telah terkumpul 26.215 puisi, mudah –  mudahan bisa kita tingkatkan,” ujarnya Achmad Fahmi.

Baca Juga :   Sejak Tahun 2022 Tidak Ada Lagi Kawasan Kumuh di Kota Sukabumi

Dalam acara penyerahan rekor Muri tersebut, seorang pelajar dari SMKN 1 Kota Sukabumi, Agis Sri Adistira, didaulat untuk membacakan puisinya. Karuan saja pelajar tersebut sangat bangga dengan kesempatan mengekspresikan karyanya itu. Agis berharap dengan kegiatan ini bisa meningkatkan budaya membaca dikalangan pelajar.

“Saya harap lebih maju lagi, para siswa lebih rajin membaca lagi, karena kan membaca itu jendela dunia,” ungkapnya saat diwawancarai.

Sumber : sukabumikota.go.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *