Breaking News

Panen Padi IP 400 Bersama Poktan Seroja Cibeureum, Wali Kota Sukabumi : Inovasi Menjaga Ketahanan Pangan

Wali Kota Sukabumi melaksanakan Penen IP 400 Bersama Kelompok Tani (Poktan) Seroja Kelurahan Cibeureum Hilir Kecamatan Cibeureum, Rabu (23/08/2023) // Foto : Fachrania Razibka Diskominfo Kota Sukabumi.

FOKUSMEDIANEWS.COM, KOTA SUKABUMI – Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi, didampingin Ketua TP – PKK, Fitri Hayati, menghadiri panen Padi Indeks Pertanaman (IP) 400, di Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) Kelurahan Cibeureum Hilir Kecamatan Cibeureum, Rabu (23/08/2023).

Penanaman Indeks Pertanaman (IP) 400 ini merupakan kerjasama Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi dengan Kelompok Tani Seroja Kelurahan Cibeureum Hilir, Kecamatan Cibeureum Kota Sukabumi.

Wali Kota dalam sambutannya menyampaikan bahwa terdapat dua hal yang dilakukan oleh Pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan yakni selektif memberikan perizinan bagi pihak yang akan membangun berbagai infrastruktur agar alih fungsi lahan dapat dikendalikan. Kemudian penerapan Indeks Pertanaman (IP) 400 yang merupakan inovasi dalam cara menanam padi sehingga panen bisa dilakukan hingga empat kali dalam setahun.

Baca Juga :   Wali Kota Sukabumi Lantik 59 Orang Pejabat di Lingkungan Pemkot Sukabumi

“ Ini merupakan salah satu inovasi bagaimana menjaga ketahanan pangan yang sekarang harus betul – betul kita waspadai. Mudah – mudahan dengan IP400 mampu menjadi solusi agar ketahanan pangan diwilayah Kota Sukabumi, tetap terjaga dengan baik,” ujar Fahmi.

Ditmpat terpisah Kepala DKP3, Adrian Hariadi,  menyebutkan panen padi IP 400 diawali dengan pemberian bantuan sebanyak 3.175 kilogram bibit padi dari Kementerian Pertanian untuk lahan pertanian seluas 127 hektar di Kota Sukabumi pada tahun 2022. Menurutnya, selain Kelompok Tani Seroja, penanaman dilakukan pula oleh delapan kelompok tani lainnya yang tersebar di empat kecamatan seperti Warudoyong dan Baros.

Baca Juga :   Wandik Kota Bogor Soroti Pelestarian Budaya Sunda dan Permendikbud Tentang Pramuka

“Untuk IP400 kita mendapatkan bantuan Kementerian Pertanian melalui pemerintah provinsi untuk seluas 127 hektar dan bibit sebanyak 3.175 kilogram. Panen tadi seluas 1,2 hektar dan selain di Kelompok Tani Seroja tersebar di 9 Kelompok Tani,” jelasnya Adrian, usai mendampingi Wali Kota dalam kegiatan penanaman bawang merah di Kelurahan Limusnunggal pada hari yang sama. (*Rls)

Baca Juga :   Mobil Ayla Merah Tabrak 8 Pengendara Motor dan Kios Buah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *