Breaking News

Upaya Menurunkan Stunting, Pemkab Sukabumi Kembali Lepasliarkan Ikan dan Bagikan Paket Olahan Ikan

Pelepasliaran ikan jenis nilem di sungai Citalahab Nyalindung (Footo : Dok Diskominfosan Kab Sukabumi)

FOKUSMEDIANEWS.COM, KAB SUKABUMI – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sukabumi melalui Dinas Perikanan kembali melepasliarkan ikan dan intervensi penanganan stunting.

Pelepasliaran ikan jenis nilem dilakukan di sungai Citalahab, sementara kegiatan intervensi stunting berupa Pemberian paket olahan ikan dilakukan di Aula Desa Nyalindung Kecamatan Nyalindung. Keduanya dilaksanakan pada hri Minggu 3 November 2023. Kegiatan ini sebagai komitmen Dinas perikanan dalam penanganan stunting di Sukabumi dimana Desa Nyalindung tercatat memiliki 88 anak terindikasi stunting.

Kepala Dinas Perikanan, Nunung Nurhayati menghimbau agar ibu dan anak yang hadir dapat terbiasa mengkonsumsi ikan yang memiliki banyak manfaat, murah, terjangkau dan kaya akan gizi, sehingga kedepan para orangtua dapat mencegah adanya stunting pada anak.

Baca Juga :   Kolaborasi Penanaman Padi Nutri Zinc di Kota Bogor, Bangun Ekosistem Percepatan Stunting

“Program penurunan stunting ini di dukung oleh hadirnya program IMAH (Ikan Masuk Rumah) oleh Dinas Perikanan,” ungkap Nunung

Selain itu Kepala Dinas perikanan juga menghimbau agar masyarakat tidak melakukan kegiatan penangkapan ikan yang destruktif sehingga dapat mengancam keberlangsungan kehidupan ikan serta dapat menimbulkan bahaya bagi masyarakat yang melakukan penangkapan ikan.

Baca Juga :   Gelar Rakor, Dinas Perikanan Evaluasi Kegiatan Kampung Perikanan Budidaya

“Kegiatan penangkapan tidak ramah lingkungan yang dimaksud seperti menyetrum dan meracun ikan” ujarnya

Pemberian paket olahan ikan dilakukan di Aula desa Nyalindung, sebagai upaya intervensi menurunkan stunting di kecamatan Nyalindung. (Foto : Diskominfosan Kab. Sukabumi)

Sebagai informasi, dipilihnya ukan nilem untuk di restocking dikarenakan Ikan Nilem merupakan jenis ikan Lokal di kabupaten Sukabumi. Ikan ini merupakan yang hidup liar di perairan umum terutama di sungai-sungai yang berarus sedang dan berair jernih. Sama seperti ikan lainnya, ikan nilem memiliki kandungan protein dan kalori yang tinggi. Kandungan ini bisa meningkatkan kekebalan dan pertumbuhan otot pada tubuh. Tak hanya itu, ikan pun memiliki kandungan asam lemak omega 3 dan zat besi dapat di kategorikan sebagai ikan ekonomis yang mudah di dapatkan dan disukai sebagai produk makanan untuk pemenuhan gizi di masyarakat.

Baca Juga :   Plt. Bupati Bogor Bersama Ketua DPRD Kabupaten Bogor Terima Audiensi Dari KC FSPMI Kabupaten Bogor

Dinas Perikanan juga turut mengajak masyarakat sekitar agar ikut serta dan bersinergi dalam upaya pelestarian ikan dan lingkungan sehingga upaya pengelolaan perairan darat di Kabupaten Sukabumi secara bisa optimal dan berkelanjutan. (*Rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *