Breaking News

KASAD Tinjau Ketahanan Pangan Kostrad di Ciemas Kabupaten Sukabumi

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Maruli Simanjuntak meninjau ketahanan pangan Kostrad di Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi Jawa Barat (Foto : Dok Diskominfosan Kab Sukabumi)

FOKUSMEDIANEWS.COM, KAB SUKABUMI – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Maruli Simanjuntak meninjau ketahanan pangan Kostrad, sekaligus membuka rapat kerja teknis bidang teritorial TNI AD TA 2024, di Gudang Ketahanan Pangan, Desa Ciemas, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, Kamis (18/1/2024). Turut hadir dan mendampingi KASAD, Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri dan pejabat lainnya.

Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak mengatakan, Indonesia saat ini tengah mengalami kondisi pangan yang kurang baik akibat pengaruh cuaca panas (El Nino), bahkan tidak sedikit petani di tanah air terancam gagal panen. Menyikapi hal tersebut kini TNI hadir menyiasati lahan tidur menjadi produktif, satu diantaranya di Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

Baca Juga :   Wabup Sukabumi : Dukung Suksesnya Pelaksanaan Pemilu, Penyelenggara Harus Sehat Fisik

Tidak hanya Kabupaten Sukabumi, dibeberapa daerah lain seperti Pangandaran, Garut, Ciamis dan Tasikmalaya, Hanpangan seperti ini sudah berjalan.

“Sebetulnya untuk Hanpangan ini kita sudah punya di 5 titik antara lain di daerah Pangandaran, Garut Ciamis, Tasik dan di Kabupaten Sukabumi dan ada di beberapa lokasi yang memang lahannya tidak terlalu besar,” jelasnya.

(Foto : Dok Diskominfosan Kab Sukabumi)

KASAD menegaskan, ketahanan pangan yang telah berjalan di beberapa daerah tersebut mesti dijadikan sebagai pilot projek di daerah lain guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan stok ketahanan pangan yang memadai.

Baca Juga :   Desa Citepus Rayakan HUT ke-43, Wabup Iyos : Desa yang Memiliki Indek Kemajuan Paling Tinggi

“Kita membuat lahan pangan ini atas dukungan dari semua pihak, termasuk elemen masyarakat. Di Kecamatan Ciemas sendiri sekitar 700 hektar sudah terkelola secara baik. Saya kira ini sangat berpengaruh untuk masyarakat,” ungkapnya.

KSAD menyatakan, apabila konsep ketahanan pangan di beberapa wilayah sudah berjalan baik, lahan pangan tersebut akan dibagikan kepada masyarakat.

“Jadi sudah kita coba waktu itu dalam pengelolaan ketahanan pangan ini dengan masyarakat dan berjalan cukup baik, Mudah-mudahan kedepan ketika konsep ini berjalan dengan baik kita akan bagikan lahan ini ke mereka (masyarakat),” ujarnya.

KASAD berharap, pilot project tersebut bisa dimiliki oleh masing-masing Kodam guna kesiapan stok pangan di Indonesia.

Baca Juga :   Peringatan Nuzulul Qur'an di Masjid Agung Al Isra Kota Bogor, Ini Pesan Wali Kota

Sementara itu, Wakil Bupati Sukabumi H Iyos Somantri mengucapkan terimakasih kepada KASAD Jenderal TNI, Maruli Simanjuntak yang telah meninjau lokasi ketahanan pangan yang berada di Kabupaten Sukabumi.

Wabup pun mengapresiasi pelaksanaan ketahanan pangan di Kecamatan Ciemas yang memiliki progres sangat baik sehingga Kabupaten Sukabumi akan menjadi triger untuk perekonomian masyarakat.

“Menurut saya ini sangat luar biasa, progresnya sangat bagus dan programnya banyak. Insya Allah akan menjadi triger perekonomian masyarakat,” tandasnya.

(Foto : Dok Diskominfosan Kab Sukabumi)

Dalam kesempatan tersebut KSAD, Wakil Bupati Sukabumi dan pejabat tinggi lainnya secara simbolis melaksanakan penanaman jagung. Dilanjutkan peninjauan beberapa lahan pangan lainnya. (*rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *