Breaking News

Ikuti PNLG Forum 2022, Kadis Perikanan Kab. Sukabumi : Penting dan Strategis Untuk Berbagi Ilmu dan Pengalaman

Kadis Perikanan Kabupaten Sukabumi Nunung Nurhayati berfoto dengan delegasi lainnya disela-sela mengikuti Forum PNLG 2022, di Hotel Atria Paramount Kabupaten Tangerang pada 25 - 29 Oktober 2022. ( Footo : Humas Pemkab Sukabumi )

FOKUSMEDIANEWS.COM, KAB. SUKABUMI – Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi, Nunung Nurhayati mengikuti kegiatan Forum of the internasional Partnerships in Environmental Management for the Seas of East Asia (PEMSEA) Network of Local Governments (PNLG) 2022 di Hotel Atria Paramount Kabupaten Tangerang pada 25 – 29 Oktober 2022. Acara dibuka oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya

PNLG adalah kemitraan lintas pemerintahan dari 11 negara di lingkup Asia Timur yang berkomitmen menjaga keberlanjutan ekosistem, peningkatan infrastruktur, dan ekonomi kawasan pesisir masing-masing.

Baca Juga :   KKP Tetapkan Desa Talaga dan Caringin Wetan sebagai Lokasi Kampung Perikanan Budidaya

Kegiatan bertema “Penguatan Ketahanan Pesisir Menuju Ekonomi Biru Lokal Berkelanjutan” diikuti 140 delegasi pemerintah daerah dari 9 negara di Asia Timur yakni Indonesia, Malaysia, Filipina, Kamboja, Timor Leste, Korea Selatan, Jepang, China dan Vietnam.

Menurut Nunung Nurhayati, kegiatan ini sangat penting dan strategis untuk berbagi ilmu dan pengalaman tiap daerah dalam tata kelola pesisir berbasis sistem Integrated Coastal Management (ICM/Pengelolaan Pesisir Terpadu).

Baca Juga :   Kapolres Sukabumi : Exit tol Parungkuda dibuka secara fungsional, Catat waktunya..!

“Kami juga mengikuti rangkaian kegiatan seperti penanaman mangrove, pelepasliaran ikan, teknik pengepresan rumput laut algarium dan Interaksi sosial” ungkapnya.

Masih dikatakan Nunung, Berkaitan dengan Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Lautan Terpadu, Kabupaten Sukabumi sudah melakukan upaya pelestarian ekosistem mangrove dan terumbu karang untuk menjaga keseimbangan ekosistem sesuai dengan prinsip konservasi.

“Selain itu Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi juga melakukan Pendataan untuk mengetahui status perikanan dengan melibatkan para stakeholder serta sosialisasi Penggunaan alat tangkap ramah lingkungan” tambahnya.

Baca Juga :   Pohon Tumbang Hambat Lalin di Warungkiara, Polisi dan Tim Gabungan Sigap Evakuasi

Dalam hal Mencegah pencemaran air laut dan sampah plastik Dinas Perikanan melakukan koordinasi dan kolaborasi dengan semua pihak terkait, baik di Provinsi atau pusat.

Nunung berharap Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Lautan Terpadu dapat dijadikan kerangka kerja untuk memperkuat ketahanan pesisir demi terwujudnya ekonomi biru yang berkelanjutan di Kabupaten Sukabumi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *