Breaking News

Dinas Perikanan Kab Sukabumi Lestarikan Ikan Lokal Guna Penuhi Gizi Masyarakat

Kadis Perikanan Kabupaten Sukabumi melepaskan 3000 ekor ikan nilem di Sungai Pasirrarangan Desa Pangkalan Kecamatan Cikidang, Sabtu (19/3/2023) // Foto : Diskominfosan Kabupaten Sukabumi

FOKUSMEDIANEWS.COM. SUKABUMI – Tidak kurang dari 3000 ekor ikan nilem dirilis (dilepas) di Sungai Pasirrarangan Desa Pangkalan Kecamatan Cikidang, Sabtu (19/3/2023).  Pelepasan ikan nilem yang diprakarsai oleh Desa Pangkalan bekerjasama dengan Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi itu, dimaksudkan sebagai upaya pelestarian ikan lokal di Sukabumi dan upaya memenuhi giji masyarakat.

“Jenis yang dilepasliarkan adalah ikan nilem sebanyak 3.000 ekor. Ikan nilem merupakan jenis ikan Lokal di kabupaten Sukabumi yang hidup liar di perairan umum terutama di sungai-sungai yang berarus sedang dan berair jernih. Ikan nilem merupakan ikan ekonomis yang mudah di dapatkan dan disukai sebagai produk makanan untuk pemenuhan gizi di masyarakat” ungkap Kepada Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi Nurhayati didampingi Kepala Bidang Pengelolaan Perikanan Tangkap serta Perangkat Desa Pangkalan Kecamatan Cikidang,

Baca Juga :   Pantau Pasar Murah Beras SPHP, Bima Arya Sebut Upaya Mengatasi Kelangkaan

Kadis perikanan juga mengajak masyarakat sekitar agar ikut serta dan bersinergi dalam upaya pelestarian ikan dan lingkungan, melalui kegiatan Bersih sungai, Penanaman pohon di Sempadan sungai, tidak membuang sampah sembarangan, tidak menggunakan alat tangkap yang berbahaya bagi biota perairan seperti penggunaan setrum dan racun, serta bersama sama mengawasi pembuangan limbah langsung yang berbahaya ke sungai.

Baca Juga :   Wabup Iyos Hadiri Wisuda Tahfidz Al-qur'an, Pesannya : Jadilah Generasi Hebat dan Pemimpin Masa Depan

“Kegiatan perilisan ikan ini diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi masyarakat setempat, nantinya ikan yang ada dapat dimanfaatkan untuk pemenuhan gizi hal ini sebagai bentuk komitmen dinas perikanan dalam menurunkan angka stunting” ujarnya.

Nunung juga menyampaikan, kegiatan ini dapat disosialisasikan oleh seluruh perangkat desa sehingga meningkatkan kepedulian yang tinggi terhadap pelestarian ikan juga dapat membantu upaya pengelolaan perairan darat di Kabupaten Sukabumi secara berkelanjutan.

Baca Juga :   Kecamatan Cisaat Sukabumi Luncurkan Laminating, Dinas Perikanan Bantu Bibit Ikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *