Breaking News

PKS Kemitraan Konservasi TNGHS dengan 15 KTH, Wabup Sukabumi : Pemulihan Ekosistem

Wabup Sukabumi H. Iyos Somantri menghadiri Penandatanganan PKS Kemitraan Konservasi ini dalam rangka pemulihan ekosistem antara Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak dengan 15 Kelompok Tani Hutan (KTH) di Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor. (Foto : Web Pemkab Sukabumi)

FOKUSMEDIANEWS.COM, SUKABUMI – Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri Menghadiri Acara Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Kemitraan Konservasi Lingkup Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS). Acara penandatangan berlangsung di Lido Lake Resort Cigombong Kab. Bogor, Jumat (7/4).

Penandatanganan PKS Kemitraan Konservasi ini dalam rangka pemulihan ekosistem antara Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak dengan 15 Kelompok Tani Hutan (KTH) di Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor. Serta Bimbingan Teknis Kemitraan Konservasi di Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Wabup dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur dan apresiasi kepada TNGHS atas terselenggaranya kerjasama tersebut. Terlebih melibatkan 14 KTH kab. sukabumi dalam penandatanganan PKS itu.

Baca Juga :   Sekda Sukabumi Minta Penyaluran BPNT Berjalan Lancar Dan Tepat Sasaran

Wabup mengatakan, bahwa melalui PKS ini intinya adalah untuk menyamakan persepsi bagaimana agar alam tetap terjaga, bumi tetap lestari dan mayarakatnya sejahtera.

“win win solution ini dibangun untuk bisa saling memberikan manfaat” ucapnya.

Menurutnya, dalam pemulihan ekosistem menjadi kegiatan yang tidak terelakkan bagi pengelola kawasan konservasi, pengelolaannya pun memerlukan kerjasama. Bahkan pemulihan ekosistem ini tidak mudah dan tak mungkin bisa dikerjakan sendiri.

Baca Juga :   Plt. Bupati Bogor Sambut Baik dan Apresiasi Kunjungan Siswa SusDandim

Wabup mengajak semua pihak untuk turut serta dalam upaya pemulihan ekosistem tersebut. “Mari bersama sama kita dorong pemulihan ekosistem sesuai dengan kapasitas dan kapabilitas yang dimiliki” ungkap nya.

Di tempat yang sama kepala balai TNGHS Irzal Azhar melaporkan pelaksanaan penandatanganan perjanjian kerjasama konservasi ini dalam rangka pertumbuhan ekosistem yang membutuhkan dukungan para pihak terkait lainnya.

“Kami sampaikan hari ini di laksanakan 15 perjanjian kerjasama yang terletak di 1 KTH berlokasi di kabupaten Bogor dan 14 KTH berlokasi di kabupaten sukabumi”.

Baca Juga :   Wabup Sukabumi : TMMD Bangun Kesejahteraan Rakyat dan Meningkatkan Jiwa Gotong Royong

“Melalui kerjasama ini di harapkan kawasan konservasi akan di lakukan penanaman jenis pohon asri dan DHS 15 kelompok tani hutan ini bekerjasama sejak tahun 2021 pada akhir bulan Januari 2023 pihak balai TNGHS telah bekerjasama dengan sumber absolute Indonesia yang telah melaksanakan workshop untuk melakukan program konservasi” pungkasnya.

Turut mendampingi pada kesempatan tersebut, Kepala Bappelitbangda, Kadis PMD, Kadis Pertanian, Kadis Peternakan, Kabag SDA, Kabag Kerjasama Setda Kab. Sukabumi. (web Pemkab Sukabumi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *