Breaking News

Bantuan Kementerian PUPR, DPUTR Kota Sukabumi Bangun IPAL di 4 Kelurahan

Kepala Bidang (Kabid) Perumahan dan Permukiman Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kota Sukabumi, Rinaldy Adzany. (Foto : Diskominfo Kota Sukabumi)

FOKUSMEDIANEWS.COM, KOTA SUKABUMI – Pemerintah Kota Sukabumi tahun ini mendapatkan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk membangun Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL).

Kepala Bidang Perumahan dan Permukiman Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kota Sukabumi, Rinaldy Adzany mengungkapkan, bantuan ini akan disalurkan ke Kelurahan Benteng, Baros, Cisarua dan Subang Jaya.

Baca Juga :   Skena Jawa Barat 2024, Kota Bogor Jadi Tuan Rumah

“Instalasi Pengolahan Air Limbah kita mendapatkan bantuan untuk empat lokasi, ini pendekatannya dalam rangka penanganan stunting. Empat lokasi ini adalah Benteng, Baros, Cisarua dan Subang Jaya. Masing-masing lokasi ini mendapatkan lima unit. Ini sifatnya komunal ya, jadi satu unit bisa digunakan untuk 10 rumah,” jelas Rinaldy Adzany, dikantornya Kamis (14/3/2024).

Baca Juga :   Pembangunan Mini Soccer dan Balai Benih Ikan ditinjau Wabup Sukabumi

Ia menerangkan dalam penyaluran bantuan yang bertujuan untuk mendukung percepatan penanggulangan stunting ini, setiap kelurahan akan mendapatkan bantuan lima unit IPAL. Ia menambahkan setiap unit IPAL dapat disambungkan dengan 10 unit rumah milik warga karena bersifat komunal.

Adapun pembangunan IPAL akan dilaksanakan sepenuhnya oleh masyarakat melalui Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM), dibawah pengawasan DPUTR dan fasilitator.

Baca Juga :   Mendag Zulhas Borong Sepatu Lokal Buatan Anak Muda Kota Bogor

“Baru menyelesaikan sosialisasi dan saat ini tengah menunggu arahan dari Kementerian, mudah-mudahan dipertengahan tahun sudah bisa dilaksanakan. IPAL berbasis masyarakat, jadi nanti akan dilaksanakan oleh KSM. Jadi tipenya menggunakan swakelola tipe 4, secara penuh dilaksanakan masyarakat, kita kawal dan nanti ada fasilitator juga,” jelasnya. (*rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *