Breaking News

Wali Kota Bogor Berharap Masjid Agung Al Isra Jadi Pusat Ekonomi, Sosial dan Peradaban

Wali Kota Bogor Bima Arya saat meresmikan Masjid Agung Al-Isra, Kamis 28 Maret 2024. (Foto : Diskominfo Kota Bogor)

FOKUSMEDIANEWS.COM, KOTA BOGOR – Wali Kota Bogor Bima Arya berharap masjid Al-Isra tidak hanya sebagai pusat ibadah, tetapi juga pusat pemberdayaan umat secara ekonomi, pusat kegiatan sosial dan pusat peradaban. Apalagi di kiri ada alun-alun sebagai pusat kegiatan sosial, sebelah kanan ada pasar sebagai pusat kegiatan ekonomi dan di depan ada stasiun yang menghantarkan ribuan warga masuk ke Kota Bogor.

“Insya Allah masjid ini akan memberikan manfaat dan berkah bagi warga sekitar dan kota Bogor,” ungkap Bima Arya saat meresmikan Mesjid Al-Isra Kamis (28/3/2024).

Masjid Agung Al Isra terletak di Jalan Nyi Raja Permas, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat. Berdekatan dengan Stasiun Besar Bogor dan alun-alun Kota Bogor.

Baca Juga :   Bogor Street Festival CGM 2023, Digelar 5 Februari

Masih menurut Bima Arya, di masjid inilah terjadi dialektika, diskusi, pengajian dan hal-hal yang menjadi pencerahan bagi generasi muda di Kota Bogor yang islami dan qurani.

Wali Kota Bogor Bima Arya dan pejabat lain berpose di depan masjid Agung Al-Isra seusai peresmian. (Foto : Diskominfo Kota Bogor)

“Dalam hitungan 23 hari, saya dan wakil wali kota akan mengakhiri masa jabatan setelah 10 tahun mengabdi. Saya titip betul masjid ini, pengelolanya dan mengelolanya harus baik dan amanah, masjid ini harus jadi milik semua umat, tidak ada umat muslim yang dipinggirkan, semua dirangkul dan diayomi dan diberdayakan,” harap Bima Arya.

Masjid Agung Al Isra Kota Bogor, ditegaskan Bima Arya, harus menjadi masjid pemersatu dan jembatan pemersatu bagi umat di Kota Bogor, menyambungkan yang mampu dan dhuafa, menyambungkan apapun nasabnya serta masjid ini akan memberikan berkah rahmatan lil alamin bagi Kota Bogor dan Indonesia.

Baca Juga :   Kawasan Pertokoan Area Jembatan Jalan Otista Kota Bogor Segera Ditata

Bima Arya juga menjelaskan, Masjid Agung Al Isra Kota Bogor pertama dibangun tahun 1987 di masa Wali Kota Bogor, Muhammad atas keinginan para tokoh islam Kota Bogor memiliki masjid yang megah di pusat kota berdampingan pusat ibadah lain. Karena kebutuhan jamaah yang terus meningkat, pada 2016 dibangun dan setelah berproses selama tujuh tahun dengan menelan anggaran sekitar Rp 113 miliar rampung di tahun 2023.

Foto dari atas nampak atap masjid Agung Al-Isra, stasiun Kota Bogor dan bangunan disekitarnya (Foto : Dok Diskominfo Kota Bogor)

Diakuinya, selama prosesnya hadir dinamika dan catatan-catatan yang terjadi selama pembangunan yang menjadi pembelajaran dan tidak terulang kembali, khususnya pada kegiatan-kegiatan lain ke depan.

Baca Juga :   Kolonel Pnb J.H. Ginting Jabat Danlanud ATS Gantikan Marsma TNI Taufiq Arasj

“Alhamdulillah hari ini Masjid Agung Al Isra Kota Bogor rampung dan Insya Allah memberikan keberkahan bagi semua. Ini bukan soal keinginan punya masjid megah dan bagus, tapi juga ingin punya masjid yang makmur dan penuh makna,” kata Bima Arya.

Untuk memudahkan para pedagang dalam beribadah, Masjid Agung Al Isra dilengkapi dengan jembatan penghubung. Selain itu masjid ini diharapkan menjadi tempat berkumpul yang nyaman, tidak hanya antar ulama tetapi juga ulama dengan umaro, antara pemimpin Kota Bogor dan menjadi kawah candradimuka bagi pemimpin di masa depan. (*rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *