Breaking News

Plh Sekda Terima Kunjungan Audiensi Tim PWI Kabupaten Sukabumi, Terkait Sosialisasi Pilkada

Sesi foto bersama Plh Sekda Kabupaten Sukabumi, Toha Wildan Athoilah (ke-empat dari kiri) dengan tim audiensi PWI Kabupaten Sukabumi di Pendopo. (Foto : FOKUS MEDIA NEWS)

FOKUSMEDIANEWS.COM, KAB SUKABUMI – Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi, Toha Wildan Athoilah, menerima kunjungan Tim Audiensi PWI Kabupaten Sukabumi terkait sosialisasi Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) serentak 2024, di Gedung Pendopo Sukabumi, Jumat (7/6/24).

Ketua Tim Audiensi PWI Kabupaten Sukabumi, Rachmat Djuniardi mengatakan, pihaknya diberi mandat oleh Plt. Ketua PWI Kabupaten Sukabumi, Danang Donoroso, untuk audiensi dan melakukan kerjasma dengan semua stakeholder berkaitan dengan Sosialisasi Pemilukada serentak. Hal ini dalam upaya turut serta menyukseskan Pemilukada yang akan digelar 27 November 2024 mendatang.

“Kami menyampaikan terimakasih kepada Plh Sekda Kabupaten Sukabumi yang telah menerima kami dengan penuh kehangatan. Kedatangan kami disamping silaturahmi, juga meminta masukan terkait pelaksanaan sosialisasi, edukasi dan literasi Pemilukada. Hal ini juga ada kaitannya dengan Surat Edaran (SE) Mendagri Nomor 200.2.1/2222/SJ tertanggal 13 Mei 2024 dan Surat Edaran (SE) PWI Pusat Nomor 391/PWI-P/LXXVIII/2024,” ujar Rachmat.

Baca Juga :   Jelang Idul Adha 2024, Pemkot Bogor Siap Periksa Hewan Kurban
Plh Sekda Kabupaten Sukabumi, Toha Wildan Athoilah (kanan) menerima surat tugas audiensi, diserahkan oleh Ketua tim audiensi PWI Kabupaten Sukabumi, H Rachmat Djuniardi. (Foto : fokusmedianews.com)

Perlu diketahui, dalam SE Mendagri Nomor 200.2.1/2222/SJ ditegaskan sosialisasi, edukasi dan literasi Pemilukada melibatkan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Hal ini disikapi oleh PWI Pusat dengan mengeluarkan SE Nomor 391/PWI-P/LXXVIII/2024 yang menekankan kepada Pengurus PWI Provinsi dan PWI Kabupaten/Kota agar menindak lanjuti SE Mendagri tersebut, untuk menjalin kerjasama dengan pemerintah daerah, membuat rencana sosialisasi, edukasi, literasi kepada wartawan dan calon pemilih yakni masyarakat dari berbagai kalangan yang sudah memiliki hak pilih di Kabupaten Sukabumi.

Disamping itu jug melakukan koordinasi dengan KPU, Bawaslu, unsur TNI, Polri, akademisi dan stakeholder lainnya untuk menjadi narasumber kegiatan sosialisasi, edukasi, literasi Pilkada.

Baca Juga :   Lakalantas di Palabuhanratu, Dokkes Polres Sukabumi Tangani Korban Luka Robek Bagian Kaki

“Kami di tugaskan pak Danang (Plt Ketua PWI Kab Sukabumi) untuk meminta masukan terkait sosialisasi, edukasi, literasi Pilkada. Hasil dari audiensi, baik dengan Pemda, KPUD dan Bawaslu Kabupaten Sukabumi akan kami sampaikan kepada Plt, sebagai bahan laporan ke PWI Pusat. Dari laporan ini akan dimonitor dan menjadi bahan evaluasi dengan Kemendagri,” jelas mantan wartawan Pikiran Rakyat.

Rachmat juga menjelaskan, Tim audiensi PWI Kabupaten Sukabumi sudah menjalin kesepakatan jadwal pertemuan, diantaranya dengan KPUD dan Bawaslu Kabupaten Sukabumi.

Plh sekda Kabupaten Sukabumi, Toha Wildan Athoilah, saat menerima tim audiensi PWI Kabupaten Sukabumi di Pendopo (Foto : fokusmedianews)

Ditempat yang sama, Plh Sekda Kabupaten Sukabumi, Toha Wildan Athoilah memaparkan, terkait SE Mendagri Nomor 200.2.1/2222/SJ. Menurutnya sosialisasi, edukasi dan literasi Pemilukada merupakan bagian yang penting guna menunjang kesuksesan Pilkada mendatang.

Baca Juga :   Pemkot Bogor Luncurkan CoE 2023, Ini Daftar Event di Kota Bogor

Toha menjelaskan, untuk sosialisasi Pilkada menjadi tugas KPUD dan Bawaslu Kabupaten Sukabumi. “Soal teknis sosialisasi Pilkada merupakan tugas KPUD, bahkan terkait anggaran, KPUD yang punya kewenangan. Jadi Pemda hanya memberikan anggaran, serta mengawasi kinerjanya,” ungkapnya.

Pihaknya juga menyampaikan, sudah menggelontorkan anggaran kepada KPU Kabupaten Sukabumi sebesar 40 persen dari anggaran penyelenggaraan Pilkada. Namun tidak disebutkan besaran nilai anggaran tersebut.

“Saya merasa senang dan berterima kasih atas kedatangan teman-teman PWI Kabupaten Sukabumi. Insya Allah kita akan menjalin komuniksi yang lebih baik kedepannya. Karena kita harus bersinergi bersama membangun Sukabumi secara pentahelix, termasuk dalam menyukseskan Pilkada ini,” pungkasnya.(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *