Breaking News

Wabup Sukabumi Tinjau Lokasi Longsor di Kp Cibatu Hilir Cibadak Kabupaten Sukabumi

Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri, tinjau lokasi bencana pergerakan tanah di Kampung Cibatu Hilir, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kamis (25/01/2024). (Foto : Dok Diskominfo Kab Sukabumi)

FOKUSMEDIANEWS.COM, KAB SUKABUMI – WWakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri, tinjau lokasi bencana pergerakan tanah di Kampung Cibatu Hilir, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (25/01/2024).

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, bencana longsornya tebing akibat pergerakan tanah yang terjadi pada Rabu (24/1/2024) tersebut mengakibatkan belasan rumah rusak berat.

Hasil pantauan langsung Wakil Bupati Sukabumi, H. Iyos Somantri hari ini terdapat puluhan rumah yang berpotensi terancam.

“Yang terancam kurang lebih 67 rumah yang harus segera dikosongkan dan sementara sudah dikosongkan saat ini,” ujar Iyos Somantri.

Baca Juga :   Walaupun Basah Kuyup Diguyur Hujan Deras, Danyonif 310 /KK Dampingi Anggotanya Selesaikan Etape Napak Tilas Siliwangi
(Foto : Dok Diskominfo Kab Sukabumi)

Lanjut Wabup, sejak kemarin Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi melalui BPBD telah mendirikan tenda darurat bagi pengungsi yang rumahnya raib tertimbun longsor.

Saat ini pemerintah daerah tengah mempersiapkan sarana prasarana pengungsian yang lebih representatif karena di khawatirkan dampak bencana pergerakan tanah meluas.

“Kita bangun pengungsian, Insyaallah hari ini bisa tuntas dimana dapur umum sudah tersedia dan kepentingan kebutuhan akomodasi bisa kita penuhi kemudian untuk kebutuhan lainnya kita terus berkoordinasi dengan para pihak terkait,” terang wabup.

Baca Juga :   Wakil Bupati Sukabumi Monitoring Program Pamsimas Salabuana Bantargadung

Terkait langkah lanjutan bagi para korban bencana, wabup Iyos menyebut Pemerintah Kabupaten Sukabumi melalui instansi terkait tengah berkoordinasi.

“Ketika nanti berdasarkan kajian BMKG harus relokasi kita akan perhatikan relokasinya. Kalau kajiannya bila dapat dibangun kembali, kita acan coba renovasi atau dibangun kembali dengan fasilitas yang ada dari pemerintah daerah dan para pihak terkait yang perduli kepada nasib warga Cibatu ini,” ujarnya.

Baca Juga :   Bupati Sukabumi Sampaikan Pendapat Akhir Atas Dua Raperda
(Foto : Dok Diskominfo Kab Sukabumi)

Iyos Somantri ingatkan pemerintah otoritas setempat untuk memberikan himbauan kepada warga untuk lebih waspada potensi perluasan bencana pergerakan tanah.

“Pak Kades Camat dan RW harus mengintruksikan kepada kurang lebih 67 penghuni rumah di sekitar lokasi yang terancam ini harus waspada serta berhati-hati dan bila hujan lebat harus waspada dan dikosongkan,” pungkasnya. (*rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *