Breaking News

Wabup Sukabumi Pimpin Rapat Persiapan Revalidasi CPUGGp, Dorong Inovasi Untuk Menarik Wisatawan

Wakil Bupati H. Iyos Somantri saat memimpin rapat persiapan revalidasi Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGGp) di Aula Dinas KUKM, Jumat, 19 Januari 2024. (Foto : Dok Diskominfosan Kab Sukabumi)

FOKUSMEDIANEWS.COM, KAB SUKABUMI – Terkait terkait pengembangan Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGGp) ke depannya, banyak masukan yang perlu diakomodir dan dibuat skala prioritas.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri, saat memimpin rapat persiapan revalidasi CPUGGp di Aula Dinas KUKM, Jumat, 19 Januari 2024.

“Hasil kunjungan lapangan, kita mendapatkan berbagai masukan. Hal itu bisa kita sokong lewat program. Namun, harus kita kerja bersama-sama. Sehingga, yang kita inginkan bisa tepat sasaran. Perlu diingat salah satu misi kita ialah agrobisnis dan pariwisata berkelanjutan,” ujarnya.

Baca Juga :   Hadiri ALBACADABRA : Wakil Bupati Sukabumi : Bangun Minat Dan Potensi Generasi Muda Indonesia

Dari sisi pariwisata misalnya, perlu konsep general yang dapat menarik wisatawan datang. Selain itu, dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Di tempat wisata, semisalnya ada event tetap yang melibatkan seniman atau budayawan. Di Karanghawu misalnya, ada penampilan yang melibatkan seniman dan dapat memikat wisatawan datang. Penguatan event ini perlu dilakukan,” sambung Wabup.

Rapat persiapan revalidasi Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGGp) di Aula Dinas KUKM, Jumat, 19 Januari 2024. (Dok : Diskominfosan Kab Sukabumi)

Maka dari itu, inovasi sangat diperlukan dalam hal ini. Oleh karena itu, dirinya mendorong semua pihak untuk berinovasi. Terutama para camat yang berada di kawasan CPUGGp.

Baca Juga :   Wabup Sukabumi Jadi Narsum Best Practice, Paparkan Strategi Penerapan Sembilan Tatanan KKS

“Masing -masing kecamatan harus punya inovasi yang dapat ditonjolkan. Paling penting konsep kepariwisstaan harus dimunculkan,” ungkapnya.

Dari sisi agrobisnis pun, telah banyak gambaran untuk pengembang. Hal itu dimulai dari pertanian hingga peternakan.

“Hasil kunjungan lapangan banyak yang berpotensi di tanaman cabai, peternakan ikan, dan lainnya yang bisa dikembangkan,” bebernya.

Apalagi, dari sisi hasil pertanian dan perternakan tertsebut dapat dipromosikan di sentra UMKM milik Pemda Kabupaten Sukabumi. Sehingga, semuanya bisa berkesinambungan.

Baca Juga :   Wabup Sukabumi Buka Porsenida XVIII Tahun 2024

“Kita ada beberapa sentra UMKM yang bisa menjadi ajang promosi produk khas di wilayah Kabupaten Sukabumi,” terangnya.

Namun dari semua itu, H. Iyos berpesan agar wisatawan yang berkunjung ke CPUGGp senang dan berkesan. “Kita harus membuat wisatawan yang datang itu senang dan bahagia. Ketika pulang pun, mereka berkesan,” pungkasnya. (*rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *