Breaking News

Respon Keluhan Panti ODGJ Cilacap, Petugas Dinsos Jabar Langsung ke Cilacap Berikan Bantuan

Foto tangkapan layar video keluhan pimpinan panti rehabilitasi Gangguan Jiwa dan Narkoba Tanbihul Ghofirin.

FOKUSMEDIANEWS.COM, KAB BANDUNG – Terkait beredar video keluhan dari pimpinan panti rehabilitasi Gangguan Jiwa dan Narkoba Tanbihul Ghofirin Cilacap yang dibuat  2 Desember 2023, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat langsung merespons keluhan tersebut dengan mengirim bantuan pangan dan sejumlah dana.

Sebelumnya beredar dimedia sosial video berdurasi 5 menit 17 detik, dimana pimpinan panti ODGJ di Cilacap mengeluhkan tidak adanya bantuan dana dari Dinsos Bandung, padahal sembilan bulan lalu pihak Dinsos Bandung menitipkan 40 ODGJ ke pantinya untuk direhabilitasi.

Baca Juga :   Pohon Tumbang Hambat Lalin di Warungkiara, Polisi dan Tim Gabungan Sigap Evakuasi

Dilansir dari jabarprov.go.id,  Kepala Dinas Sosial Jabar Ida Wahida Hidayati menjelaskan, bantuan tersebut disampaikan Dinas Sosial Jabar atas nama Pemda Prov Jabar, sehari setelah video keluhan pimpinan panti ODGJ mengunggah videonya. “Petugas Dinas Sosial Pemprov Jabar langsung ke Cilacap untuk memberikan bantuan pangan dan bantuan tunai,” kata Ida di Bandung, Minggu (3/12/2023).

Baca Juga :   Bima Arya : Adab dan Ilmu, Dua Faktor Pengaruhi Kesuksesan
Foto : jabarprov.go.id

Menurut Ida, beberapa ODGJ sebelumnya memang dikirim oleh Dinas Sosial Kabupaten Bandung berdasar keterangan melalui pesan WA dari pimpinan panti, Jasono.

“Kami langsung berkoordinasi dengan Dinsos Kabupaten Bandung. Berdasar keterangan dari Kadinsos Kabupaten Bandung, sebenarnya Dinsos Kabupaten Bandung sudah lama bekerja sama dengan panti tersebut dan mengakui yang dititipkan ke sana sebanyak 40 orang kebanyakan tidak diketahui keberadaan keluarganya atau istilahnya Mr. X,” jelas Ida.

Baca Juga :   Sekda Sukabumi Ikuti Rakor Ketahanan Pangan dan Produktivitas Pertanian di Jabar

Ida menambahkan, saat ini Dinsos Kabupaten Bandung sedang berkoordinasi dengan pihak panti, untuk menemukan solusinya. “Dinsos Kabupaten Bandung akan menjemput pulang pasien di Cilacap tersebut dan rencananya akan ditempatkan sementara  di UPTD Dinsos Kabupaten Bandung di Baleendah, sambil terus mengupayakan reunifikasi,” tambah Ida.

Pimpinan memohon perhatian dari Dinsos Bandung dan juga menyebut Penjabat Gubernur Jabar dalam videonya tersebut. (*Lansr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *