Breaking News

Polisi dan Tim SAR Gabungan Evakuasi Korban Tertimbun Longsor di Nagrak

Evakuasi korban tertimbun longsor di Kp Pamuruyan RT 02/01, Desa Cisarua, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi (Foto Dok Humas Polres Sukabumi)

FOKUSMEDIANEWS.COM, KAB SUKABUMI – Polisi dan tim SAR Gabungan melakukan evakuasi korban yang tertimbun tanah longsor di Kecamatan Nagrak, Minggu (3/12/2023). Evakuasi dipimpin Kapolsek Nagrak Polres Sukabumi Iptu Teguh Putra Hidayat, S.H.

Kejadian bencana tanah longsor di Kp Pamuruyan RT 02/01, Desa Cisarua, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi, yang disebabkan oleh bencana alam longsor akibat intensitas hujan deras yang cukup lama.

“Pada saat kejadian, dua orang warga yang berada dalam rumah terkena dampak tanah longsor. Ibu Encop Sopiah, berusia sekitar 51 tahun, meninggal dunia, sementara Sdri Eva, berusia sekitar 20 tahun, berhasil diselamatkan,” ungkap Kapolsek Nagrak, Senin (04/12/2023).

Baca Juga :   Dorong Pemilu Damai, Polri Gandeng Ustaz Das'ad Latif

Sementara Kapolres Sukabumi AKBP Maruly Pardede melalui Kasi Humas Polres menjelaskan kronologi kejadian. “Informasi pertama kali diterima oleh Ketua RT setempat, Sdr. Jono, yang mendengar laporan dari warga bahwa rumah sebagian dapurnya terbawa tanah longsor. Rumah tersebut runtuh hingga ke aliran Sungai Cicatih, dimana rumah berada persis di pinggiran aliran sungai tersebut,” ujar Kasi Humas Polres Sukabumi, Iptu Aah kepada awak media.

Lokasi Kejadian longsor di kp. Pamuruyan RT 02/01 Desa Cisarua Kecamatan Nagrak Kabupaten Sukabumi ( Foto : Dok P2BK Nagrak/BPBD Kabupaten Sukabumi)

Kegiatan evakuasi melibatkan berbagai unsur, antara lain Kapolsek Nagrak, Brigadir Rizqi Bhabinkamtibmas Desa Cisarua, Sertu Parjiman Babinsa Koramil 0607-10/Nagrak, Kades Cisarua, personil Mako Polsek Nagrak, unsur BPBD Kabupaten Sukabumi, unsur Pol PP Kecamatan Nagrak, Tim Nakes, unsur TRC Desa Cisarua, dan partisipasi warga masyarakat sekitar serta relawan.

Baca Juga :   Kapolres Sukabumi Blusukan Dengar Curhatan Masyarakat

Upaya yang dilakukan meliputi koordinasi P2BK Nagrak, tim nakes, perangkat desa/kecamatan, TAGANA, Koramil Nagrak, dan relawan desa untuk melakukan assessment ke lokasi kejadian, evakuasi, himbauan, police line, pendataan, dan pelaporan kepada pimpinan.

Pukul 21.05 WIB, kegiatan evakuasi berhasil diselesaikan dengan lancar dan kondusif. Kapolsek Nagrak menyampaikan, “Bencana alam longsor ini disebabkan oleh intensitas hujan deras yang cukup lama, mengakibatkan TPT ambruk dan berdampak ke salah satu rumah warga, merenggut satu nyawa.” Tambahnya.

Baca Juga :   Bupati Sukabumi Lepas Atlet Cabor Drum Band Keajang Poprov XIV Jabar. Ini Harapannya .. !

Jenazah korban, Ibu Encop Sopiah, saat ini disemayamkan dan dimandikan oleh pihak keluarga di masjid terdekat. Rencananya, pemakaman akan dilaksanakan hari ini (Senin) di Pemakaman Umum Depok, Desa Cisarua, Kecamatan Nagrak.

Kapolres Sukabumi dan jajaran menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban serta mengapresiasi kerjasama semua pihak dalam penanganan bencana ini. Pihak kepolisian juga memberikan dukungan kepada korban yang selamat, Sdri Eva, dan keluarganya. Kegiatan pemakaman korban direncanakan pada hari Senin, 4 Desember 2023, pukul 09.00 WIB, di Pemakaman Umum Depok Cisarua. (*Rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *