Breaking News

Peringatan Hari Otda ke-28, Wabup Iyos : Nilai Kinerja Pemkab Sukabumi Meningkat

Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri menghadiri puncak peringatan hari otonomi daerah (Otda) ke-28  yang digelar di Balai Kota Surabaya. (Foto : Diskominfosan Kab Sukabumi)

FOKUSMEDIANEWS.COM, KAB SUKABUMI – Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri menghadiri puncak peringatan hari otonomi daerah (Otda) ke-28  yang digelar di Balai Kota Surabaya, Jawa Timur, Kamis (25/4/2024). Dalam acara itu Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia, Muhammad Tito Karnavian bertindak sebagai inspektur upacara.

Peringatan Hari Otda tahun ini mengusung tema “Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan Sehat”. Dalam kesempatan itu Mendagri menyerahkan penghargaan kepada pemerintah daerah yang berkinerja tinggi berdasarkan skor Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EPPD).

Baca Juga :   Wisatawan Terseret Ombak di Pantai Ketapang Cikakak, Berhasil Diselamatkan

Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat menjadi salah satu dari lima provinsi berkinerja tinggi dengan skor EPPD mencapai 3,6485. Atas capaian tersebut Provinsi Jawa Barat menerima penghargaan EPPD dengan status Kinerja Tinggi dari Kementerian Dalam Negeri yang diserahkan oleh Mendagri Tito Karnavian diterima Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin.

Puncak Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke-28 di Kota Surabaya. (Foto : Diskominfosan Kab Sukabumi)

Penerima penghargaan tertuang dalam SK Mendagri nomor 100.2.1.7-6646 tahun 2023 tentang Hasil EPPD Secara Nasional tahun 2023, berdasarkan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Provinsi dan Kabupaten/ Kota tahun 2022 ditetapkan 5 Provinsi, 10 kota dan 14 Kabupaten yang berprestasi tertinggi secara Nasional.

Baca Juga :   Antisipasi Lonjakan Wisatawan, Polres Sukabumi Tingkatkan Pengawasan dan Pengamanan
Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri saat menghadiri puncak peringatan Hari Otda ke-28 di Kota Surabaya. (Foto : Diskominfosan Kab Sukabumi)

Sementara Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri menyebutkan nilai kinerja pemerintah Kabupaten Sukabumi cukup baik, meningkat dari tahun sebelumnya. Kerja kolektif mewujudkan sukabumi lebih baik telah membuahkan hasil positf. Saat ini Kabupaten Sukabumi ada di peringkat Nasional ke- 30 dengan Skor 3,4072 dan menyandang Status katagori sedang.

“Secara scoring kita naik 1,5 Point dari tahun sebelumnya, dikarenakan adanya perubahan kategori penilaian di tingkat nasional, Pemkab Sukabumi masuk Kategori Sedang,” ujar Iyos Somantri usai menghadiri puncak peringatan hari otonomi daerah (Otda) ke-28 di Balai Kota Surabaya. (*rls)

Baca Juga :   Dedie Rachim : Pesantren Berperan Tingkatkan Indeks Pembangunan Manusia di Kota Bogor
Penulis: (Sumber) : Diskominfosan Kab SukabumiEditor: Anom Nurzain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *