Breaking News

Wabup Sukabumi : Penelitian dan Pengembangan Penting Dalam Proses Pembangunan

FOKUSMEDIANEWS.COM, KAB. SUKABUMI – Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri membuka acara Workshop Hasil Penelitian dan Pengembangan Bidang Ekonomi dan Pembangunan Rabu, 2 November 2022 di Hotel Augusta Cikukulu.

Workshop berlangsung selama dua hari mulai tanggal 2 sampai 3 Nopember 2022, diikuti oleh 100 peserta, terdiri dari 50 peserta tatap muka dan 50 Peserta secara daring.

Kepala Baperlitbangda, Asep Abdul Wasit menyampaikan bahwa penelitian dan pengembangan secara substantif dilakukan melalui metoda berpikir ilmiah tentu saja sangat diperlukan dalam proses perencanaan pembangunan.

Baca Juga :   Wabup Sukabumi Apresiasi Ponpes Assalam Putri Dalam Membentuk Generasi Berkualitas Penghapal Al-Quran

“Tentu tujuannya adalah perencanaan kedepan akan lebih berkualitas lagi, referensi perencanaan pembangunan sampai dengan hari ini, kita masih menggunakan sistem pembangunan nasional,” tutur Asep.

Sementara Wakil Bupati dalam amanatnya mengatakan, keikutsertaan institusi dan unsur-unsur terkait sangat berarti guna meningkatkan tata-kelola pemerintahan yang lebih baik yang tentu diawali dari proses perencanaan pembangunan.

“Workshop ini perlu guna meningkatkan pemahaman dan menyamakan persepsi serta menyelaraskan gerak langkah kita dalam menindaklanjuti pembangunan” ungkapnya.

Baca Juga :   Turut Peringati HSN Tingkat Kabupaten, Kapolres Sukabumi Ucapkan Selamet Kepada Seluruh Santri di Sukabumi

Disisi lain, lanjut wabup, adanya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dapat dimanfaatkan dalam penyelenggaraan pemerintahan, khususnya dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik, termasuk didalamnya penyebarluasan hasil penelitian dan pengembangan untuk meningkatkan kualitas dokumen perencanaan daerah.

“Mengingat pentingnya kedudukan penelitian dan pengembangan dalam proses perencanaan pembangunan yang didukung dengan penerapan SPBE, maka diharapkan akan memunculkan berbagai inovasi daerah dalam pelayanan publik sehingga tata-kelola pemerintahan yang baik akan terwujud” tegas Iyos Somantri.

Baca Juga :   Polisi Cilik SDN Cipanengah CBM, Bidik Prestasi Tingkat Jawa Barat

Wabup juga mengapresiasi upaya Bappelitbangda memanfaatkan hasil LITBANG dalam perencanaan pembangunan daerah, dengan membangun sistem informasi akselerasi pengembangan inovasi dan kelitbangan (SI-APIK) sebagai salah-satu inovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik yang inovatif, profesional dan akuntabel.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri menyerahkan Plakat dari Pemerintah Kabupaten Sukabumi kepada Kepala BP2D (Badan Penelitian dan Pengembangan Daera) Provinsi Jawa Barat, Linda Al Amin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *