Breaking News

Wabup Sukabumi Paparkan Konsep Blue Economy Sebagai Pilar Pembangunan Berbasis Kemaritiman

Wakil Bupatu Sukabumi H.Iyos Somantri mengikuti acara seminar Hasil Kuliah Kerja Dalam Negeri ( KKDN) mahasiswa Program Studi keamanan Maritim Fakultas Keamanan Nasional Universitas Pertahanan RI secara Virtual, di ruang rapat Kecamatan Nagrak, Kamis (18/04). (Foto : Disominfosan)

FOKUSMEDIANEWS.COM, KAB SUKABUMI – Wakil Bupati Sukabumi H.Iyos Somantri hadiri acara seminar Hasil Kuliah Kerja Dalam Negeri ( KKDN) mahasiswa Program Studi keamanan Maritim Fakultas Keamanan Nasional Universitas Pertahanan RI secara Virtual yang di ikuti oleh 3 wilayah yakni Sukabumi, Tangerang, dan Pandeglang. Kegiatan tersebut berlangsung di ruang rapat Kecamatan Nagrak, Kamis (18/04).

Dalam paparannya, mahasiswa Unhan menyampaikan hasil riset KKDN bahwa terdapat penguatan Blue Economy di kawasan pantai Kabupaten Sukabumi khususnya di kawasan geopark ciletuh.

Baca Juga :   Wabup Sukabumi Mengikuti Rakor Persiapan Pengadaan ASN Tahun 2024

Blue Economy tersebut menyangkut beberapa aspek seperti Peningkatan Manajemen Penangkapan Ikan, Mempertahankan Keamanan Laut, pengembangan Industri Pengolahan Ikan, Meningkatkan Efektivitas Pelabuhan melalui Aspek Sosial, Memperhatikan Kesejahteraan Nelayan dan Petambak Garam serta Penataan Destinasi Wisata di Pesisir pantai.

Wabup dalam tanggapannya menyampaikan, melalui proses sharing transmisi-transpormasi berupa knowledge yaitu peran pemda dalam pemberdayaan masyarakat merupakan fondasi kuat dalam keamanan maritim di wilayah kabupaten sukabumi

Baca Juga :   Rakernas SMSI Sepakati 3 Agenda Utama

“Keamanan maritim menjadi salahsatu aspek yang tidak bisa di abaikan dalam upaya membangun dan memperkuat fondasi keamanan nasional Oleh karena itu kehadiran mahasiswa yang telah menyelesaikan KKDN ini menjadi sangat berarti dalam upaya bersama untuk menghadapi tantangan yang ada di sektor maritim,” ungkapnya

Foto : Diskominfosan Kab Sukabumi

Kabupaten Sukabumi, menurut Wabup, memiliki garis pantai yang panjang dan mempesona serta potensi sumberdaya laut yang melimpah yang menjadi peluang besar untuk mengembangkan sektor kemaritiman sebagai salah satu pilar utama pembangunan.

Baca Juga :   Wabup Sukabumi : Dukung Suksesnya Pelaksanaan Pemilu, Penyelenggara Harus Sehat Fisik

“Kami akan terus mengembangkan berbagai program pemberdayaan di sektor kamaritiman melalui aspek ekonomi, sosial dan lingkungan,” terangnya.

Diakhir tanggapannya, Wabup mengatakan banyak sekali potensi yang bisa di manfaatkan salah satunya sumber energi matahari. “Terkait dengan blue economy pemberdayaan peluang akan dilaksanakan dan dimanfaatkan seoptimal mungkin,” pungkasnya. (*rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *