Breaking News

Wabup Sukabumi Hadiri Festival Tunas Bahasa Ibu Nasional dan Rakor Penguatan Revitalisasi Bahasa Daerah

Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri dan peserta perwakilan Jawa Barat dari Kabupaten Sukabumi di ajang Festival Tunas Bahasa Ibu Nasional (FTBIN). (Foto : Istimewa)

FOKUSMEDIANEWS.COM, JAKARTA – Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri menghadiri Festival Tunas Bahasa Ibu Nasional (FTBIN) dan Rapat Koordinasi Penguatan Revitalisasi Bahasa Daerah di The Sultan Hotel & Residence, Jakarta Pusat, Kamis (2/5/2024).

Acara yang digelar Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) tersebut mengusung tema Melestarikan Bahasa Daerah, Menjaga Kebinekaan Indonesia.

Usai mengikuti acara, Wabup menyampaikan bahwa festival bahasa ibu merupakan momentum penting dan strategis untuk kebaikan di masa depan.

“Tinggal sekarang bagaimana kita menindak lanjuti pelaksanaannya kedepan agar bahasa ibu bisa di bumikan di sukabumi khususnya dan di daerah yang lain. Sekarang bahasa daerah seringkali terlupakan. Karenanya harus berkembang terus di kabupaten sukabumi agar bahasa ibu di pakai oleh generasi muda baik di sekolah maupun dilingkungan,” jelas Iyos Somantri.

Baca Juga :   Wakil Bupati Sukabumi Monitoring Program Pamsimas Salabuana Bantargadung
Foto : Diskominfosan Kab Sukabumi

Saat pembukaan acara tersebut, Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, E. Aminudin Aziz mengungkapkan, Festival Tunas Bahasa Ibu Nasional ini selain untuk menghormati dan menjaga kelestarian bahasa ibu, juga untuk memberikan apresiasi kepada para pihak yang telah berkontribusi secara terus menerus dalam program revitalisasi bahasa daerah.

“Ajang ini merupakan upaya untuk mempromosikan keragaman bahasa daerah, menyebarluaskan semangat kecintaan dan ekspresi kebanggaan terhadap bahasa daerah, serta sebagai bentuk apresiasi kepada para pelaku RBD, khususnya generasi muda” tambah E. Aminudin.

Baca Juga :   Masa Jabatan Direksi Perumda PPJ Habis, Bima Arya Tunjuk Agustiansyah sebagai Plt Dirut

Sementara itu Mendikbudristek, Nadiem Makarim mengatakan kebanggaannya karena bisa hadir pada kesempatan tersebut.

“Adik adik peserta ini adalah anak harapan bangsa yang akan memajukan nama Indonesia di masa yang akan mendatang. Ini adalah inplementasi dari salah satu episode merdeka belajar ke 17, digitalisasi bahasa daerah, dalam 4 tahun saja kita berhasil meraih repitalisasi 72 bahasa daerah,” ujarnya.

Mendikbudristek, Nadiem Makarim, membuka Festival Tunas Bahasa Ibu Nasional (FTBIN) dan Rapat Koordinasi Penguatan Revitalisasi Bahasa Daerah di The Sultan Hotel & Residence, Jakarta Pusat (Foto : Istimewa)

Menurut Mendikbud, ini adalah prestasi hasil dari gotongroyong semua pemangku kepentingan di daerah dan di pusat yang menyukseskan program ini. Potensi bahasa daerah sebagai ekpresi budaya perlu digali dan diekplorsasi. Kedepan masih banyak bahasa daerah indonesia yang harus kita upayakan pelestariannya untuk mengatasi kepunahan bahasa.

Baca Juga :   Baznas Kota Bogor Salurkan ZIS ke 400 Mustahiq di Lingkup Pemkot

Diketahui Festival Tunas Bahasa Ibu Nasional merupakan rangkaian program Revitalisasi Bahasa Daerah. Festival ini menjadi wadah diseminasi pelindungan bahasa dan menyosialisasikan kegiatan yang dilaksanakan oleh Badan Bahasa dan pemerintah daerah. Revitalisasi Bahasa Daerah (RBD) Tahun 2024 sendiri telah dilaksanakan di seluruh provinsi di Indonesia.

Bidang yang dilombakan yaitu membaca dan menulis aksara daerah, menulis cerita pendek, membaca dan menulis puisi, mendongeng, berpidato, tembang tradisi, dan komedi tunggal. (*rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *