Breaking News

TKKSD Awards 2023, Sekda Kota Bogor Paparkan Pelaksanaan Kerja Sama di Kota Bogor

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah memaparkan hasil kerja sama dalam negeri yang dibuat selama periode Juli 2022 sampai dengan Juni 2023, terkait penilaian Tim Koordinasi Kerja Sama Daerah (TKKSD) Awards Tahun 2023. (Foto : Diskominfo Kota Bogor)

FOKUSMEDIANEWS.COM, BANDUNG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah memaparkan terkait penilaian Tim Koordinasi Kerja Sama Daerah (TKKSD) Awards Tahun 2023 di Hotel Ibis Bandung Trans Studio, Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung, Kamis (24/8/2023).

Syarifah menjelaskan, di Kota Bogor ada 119 hasil kerja sama dalam negeri yang dibuat selama periode Juli 2022 sampai dengan Juni 2023. Hal tersebut menjadi satu dari semua yang berkaitan dengan pelaksanaan kerja sama Kota Bogor dengan pihak lain dalam mendukung visi, misi serta pembangunan di Kota Bogor yang lebih difokuskan kepada unit terkecil, yaitu keluarga dengan harapan pendekatan yang dilakukan dapat mendorong pencapaian kepada skala yang lebih besar.

Baca Juga :   Latihan Dasar CPNS Kabupaten Sukabumi, Ini Pesan Sekda

“Kerja sama yang dilakukan untuk meningkatkan ketahanan kota. Dari data yang kita miliki Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebesar 77,17. Laju Pertumbuhan Ekonomi sebesar 5,65 dan angka rata-rata harapan hidup 74,13. Ini menunjukkan SDM yang baik dan ini semua menjadi modal bagi Kota Bogor untuk melakukan kerja sama,” kata Sekda.

Foto : Diskominfo Kota Bogor

Kerja sama dalam lingkup yang lebih luas, lanjut Syarifah juga dilakukan Kota Bogor dengan pihak lain dalam forum internasional, diantaranya ASEAN Mayor Forum (AMF), APCAT, Citynet Asia Pacific, ICLEI dan UCLG ASPAC serta sister city dengan Kota Kisarazu Jepang, Thies Senegal dan Mississauga Kanada. Untuk mengakselerasi kerja sama yang akan dilakukan dengan pihak lain, Kota Bogor menyediakan aplikasi ASIK KOTA BOGOR.

Baca Juga :   Tuntas Betonisasi Jalan, Warga Sudaya Girang Makan Liwet Sepanjang 152 meter

Melalui pemetaan kerja sama kata dia, perangkat daerah diharapkan untuk menyampaikan rencana kerja sama yang akan dilakukan sesuai tupoksinya, mulai dari tahap awal hingga penerbitan SK Wali Kota. Monitoring dan evaluasi kerja sama mutlak dilakukan untuk menjadi bahan penyempurnaan dari kerja sama yang dilakukan ke depan.

Ia menekankan, untuk memfasilitasi terjadinya kerja sama, anggaran pada tahun 2023 ditingkatkan dibanding pada tahun 2022. Perhatian dari masyarakat atau pihak yang menjalin kerja sama memiliki peran penting sebelum perjanjian berakhir.

Baca Juga :   Lahirkan Pemimpin Terbaik, BRI Raih Indonesia Best Companies in Creating Leaders from Within Awards 2022
Foto : Diskominfo Kota Bogor

“Para pihak terkait perhatian sekali, sebelum perjanjian berakhir mereka sudah mengajukan lebih dulu melalui sistem dan ini menjadi pekerjaan yang harus diselesaikan. Kerja sama yang terjalin juga menjadi salah satu antisipasi untuk melindungi semua dari potensi persoalan ke depan,” jelasnya.

Asisten Pemerintahan Setda Kota Bogor, Irwan Riyanto menambahkan, semua kerja sama di Kota Bogor dilakukan secara ekspres dan melalui Bagian Kerja Sama selaku leading sektornya. Selain Irwan Riyanto, Syarifah juga didampingi tim inti TKKSD Kota Bogor, seperti Kepala BKAD Kota Bogor, Bappeda Kota Bogor, Kepala Bagian Pemerintahan dan Kepala Bagian Hukum dan HAM Setda Kota Bogor. (*Rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *