Breaking News

LLI Kota Bogor Minta Dukungan Sekda Bangun Kafe Lansia dan Urban Farming

Lembaga Lanjut Usia Indonesia (LLI) Jawa Barat audiensi dengan Sekda Kota Bogor Syarifah Sofiah. (Foto : Dok Diskominfo Kota Bogor)

FOKUSMEDIANEWS.COM, KOTA BOGOR – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah menerima audiensi Lembaga Lanjut Usia Indonesia (LLI) Jawa Barat di Paseban Surawisesa, Balai Kota Bogor, Senin (30/10/2023).

Audiensi ini terkait permintaan LLI Jawa Barat agar Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor turut memberikan peran dan dukungannya kepada LLI Kota Bogor dalam hal pemberdayaan lansia di Kota Bogor.

“Intinya menitipkan banyak hal, supaya LLI di Kota Bogor bisa turut berperan. Sejauh ini LLI Kota Bogor sudah mempunyai SK Wali Kota dan Perda Perlindungan dan Pemberdayaan Lansia juga segera disetujui DPRD Kota Bogor,” ujar Syarifah.

Selain itu kata Sekda, Taman Malabar nantinya akan dijadikan Taman Lansia yang bisa menjadi tempat kumpul lansia untuk diskusi, senam atau pengajian. Pada kesempatan ini, LLI Kota Bogor turut memberikan ide dan saran untuk membuat kafe lansia dan urban farming di lokasi yang sama. Kafe lansia dan urban farming ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas lansia supaya tidak diam saja yang berdampak lansia jadi cepat pikun.

Baca Juga :   Sekda Bogor Tinjau Lokasi Untuk Akses Jalan Ring Road di Bogor Utara

“Dari LLI Kota Bogor sudah banyak melakukan berbagai kegiatan, termasuk melakukan roadshow ke fasilitas publik agar ramah lansia.  Program-program bagi lansia ini sejalan dengan visi Kota Bogor sebagai kota ramah keluarga, karena lansia termasuk bagian dalam keluarga selain juga anak, ayah dan ibu,” jelasnya.

(Foto : Dok Diskominfo Kota Bogor)

Di tempat yang sama, Ketua LLI Kota Bogor, Aisyah Wan Grainie mengatakan, audiensi ini bertujuan untuk melindungi lansia di Kota Bogor dengan cara berkolaborasi dengan Pemkot Bogor, karena LLI merupakan mitra pemerintah dan tidak bisa bekerja sendirian.

Baca Juga :   Pemkot Rumuskan Penataan Jalan Pedati, Kembalikan Fungsi Jalan dan Pedestrian

Ia menuturkan, target LLI ke depan yakni memiliki kafe lansia untuk memberdayakan lansia sekaligus sumber pemasukan bagi lansia, karena diksi LLI yakni Peran Bukan Beban. Dan juga urban farming di lokasi yang sama dengan kafe lansia. Pihaknya ingin menanam tanaman langka yang bisa dinikmati pengunjung kafe lansia.

“Jadi nanti akan dicari sama Bu Sekda aset Pemkot mana yang bisa dimanfaatkan untuk kafe lansia dengan skema pinjam pakai atau MoU lainnya secara legal,” jelasnya.

Baca Juga :   Bimtek Supervisi Inventarisasi GRK dan MPV, Sekda Kota Bogor Paparkan Mitigasi Gas Rumah Kaca

Ia menerangkan, kafe lansia ini untuk maintenance daya ingat lansia. Pasalnya, jika lansia selalu sering diam, maka data ingatnya bisa menurun drastis alias menjadi cepat pikun. Sekalipun kepikunan pada lansia merupakan hal natural, namun dengan beraktivitas penurunan daya ingat bisa dicegah.

“Kami juga akan mapping lansia potensial di lapangan yang bisa menjadi sahabat lansia yang membutuhkan bantuan. Saya yakin lansia potensial akan senang karena bukan sekedar membantu, tapi ini juga ibadah dan untuk lansia yang membutuhkan perhatian kecil ini sangat berarti,” katanya. (*Rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *