Breaking News

Sekda Ikuti Webinar Peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia

FOKUSMEDIANEWS – SUKABUMISekretaris Daerah Kab Sukabumi Ade Suryaman menghadiri Webinar Peringatan Hari Tuberkulosis (TBC) Se Dunia Secara Virtual, dari Pendopo Sukabumi, Kamis, (6/04/23).

Setiap tahunnya, hari Tuberkulosis Sedunia memiliki tema yang berbeda-beda. Tema peringatan hari Tuberkulosis Sedunia di tahun 2023 ini adalah “Yes! We Can End TB”.

Tema ini digaungkan dengan tujuan memberikan harapan dan dorongan kepada para pemimpin dunia supaya meningkatkan investasi guna melawan epidemi tuberkulosis.

Baca Juga :   Peningkatan Kualitas Layanan Publik Jadi Penekanan Bupati Sukabumi Saat Rapat Dinas

Peringatan Hari Tuberkulosis sedunia ini diadakan dalam rangka meningkatkan kesadaran publik terhadap penyakit tuberkulosis yang memiliki dampak besar terhadap kesehatan, sosial, hingga ekonomi. Tuberkulosis merupakan penyakit yang menyerang beberapa bagian tubuh seperti ginjal, tulang belakang, hingga otak, namun pada umumnya lebih umum menyerang paru-paru. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri bernama Mycobacterium tuberculosis.

Penyakit ini merupakan salah satu penyakit menular paling mematikan. Diperkirakan sekitar 4400 orang kehilangan nyawa karena tuberkulosis setiap harinya. WHO menyoroti fakta bahwa untuk pertama kalinya setelah satu dekade, kasus infeksi dan kematian karena tuberkulosis meningkat akibat pandemi COVID-19.

Baca Juga :   Momentum HUT ke-53 RSUD Sekarwangi Dituntut Tingkatkan Mutu Pelayanan

Karena hal tersebut Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa TBC merupakan penyakit menular yang harus menjadi perhatian bagi bangsa Indonesia.

“Di tahun 2022 kita mendorong untuk mendeteksi penyakit TBC supaya bisa diturunkan dengan usaha dan kerja keras kita semua kasus TBC di Indonesia tahun 2023 bisa menurun” ungkapnya.

Menkes juga menghimbau kepada masyarakat Indonesia untuk bisa mengurangi perilaku merokok karena salah satu faktor yang menimbulkan penyakit TBC. Untuk itu, Menkes mengajak supaya bisa berhenti dari kebiasaan kebiasaan yang bisa mendorong penyakit khususnya TBC. (sukabumikab.go.id)

Baca Juga :   Sekda Sukabumi Terima Kunjungan UNHAN RI, Bahas Kegiatan Pengabdian Masyarakat

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *