Breaking News

Resmikan TMMD Ke-116, Bupati Sukabumi : TMMD Menjawab Kebutuhan Masyarakat Dan Menguatkan Gotongroyong

Bupati Sukabumi H Marwan Hamami meresmikan Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke -116 tahun anggaran 2023 di wilayah Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi. (Foto : Humas Pemkab Sukabumi)

FOKUSMEDIANEWS.COM, SUKABUMI – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke -116 tahun anggaran 2023 Kodim 0607/ Kota Sukabumi di wilayah Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi resmi dilaksanakan. Hal itu pasca dibukanya kegiatan oleh Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami melalui upacara pembukaan di Lapang Bojong Ringkung, Desa Sasagaran, Kecamatan Kebonpedes, Rabu, 10 Mei 2023.

Kegiatan TMMD ke 116 yang difokuskan di Desa Jambenenggang ini, akan dilaksanakan selama tiga puluh hari, terhitung 10 Mei hingga 8 Juni 2023. Pelaksanaan kegiatan tersebut, melibatkan berbagai stakeholder, termasuk TNI-Polri hingga masyarakat.

Selama kegiatan TMMD berbagai pembangunan akan dilaksanakan. Baik berupa fisik maupun non fisik. Pembangunan fisik meliputi pengerasan jalan, pembuatan jembatan, pemasangan batu TPT, rabat beton, penimbunan tanah, hingga pembangunan rumah tidak laik huni.

Baca Juga :   Musrenbang Kabupaten Sukabumi, Bupati : Keberhasilan Pembangunan Diawali Perencanaan yang Baik dan Berkualitas

Berkaitan pembangunan non fisik antara lain, penyuluhan pemerintah desa, wawasan kebangsaan, bela negara, hukum, bahaya narkoba, program KB, kesehatan, peternakan, perikanan, penanggulangan bencana, lingkungan hidup, UMKM, dan pertanian.

H. Marwan Hamami mengaku bersyukur kegiatan TMMD dilaksanakan di Kabupaten Sukabumi, khususnya Desa Jambenenggang, Kecamatan Kebonpedes. Apalagi, sistem perencanaan TMMD ini bersifat bottom up dan ditujukan langsung menjawab kebutuhan masyarakat.

“Jadi hasil TMMD ini bersifat dinamis.Sehingga, hasilnya bisa sesuai harapan dan langsung dirasakan masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, kegiatan yang mengambil tema sinergi lintas sektoral mewujudkan kemanunggalan TNI – rakyat semakin kuat ini, sangat luar biasa. Sebab, mengedepankan unsur gotong-royong.

Baca Juga :   RSUD Sekarwangi Raih Penghargaan The Best Hospital In Service & Performance Excellent Of The Year

“Paling utama dalam kegiatan ini adalah kebersamaan dan sifat gotong-royong. Ini merupakan tradisi bangsa dan harus terus terpelihara,” ucapnya.

Bahkan, program TMMD ini bukan sekadar meminimalkan persoalan kemiskinan melalui ikhtiar membangun sarana fisik bagi masyarakat saja. Namun, eksis membangunkan semangat serta kekompakan dan rasa percaya diri masyarakat.

“Semua itu agar mampu mengelola potensi yang dimiliki dengan tidak meninggalkan kearifan lokal. Selain itu, agar mampu memiliki kesiapsiagaan serta menangani setiap bentuk ancaman Seperti terorisme, radikalisme, hingga bahaya narkoba,” ungkapnya.

Kapoksahli Kodam III/ Siliwangi Brigjen TNI Kuat Budiman mengungkapkan, program TMMD merupakan pekerjaan yang bermanfaat bagi rakyat. Maka dari itu, kegiatan ini terus dilaksanakan secara berkelanjutan.

Baca Juga :   Bupati Marwan : RPJMD Kab Sukabumi Diarahkan ke Sektor Pariwisata dan Pertanian

“Program seperti ini sangat bermanfaat. Kita semua bisa bersinergi dengan rakyat dan bersatu padu. Sehingga, hasilnya benar benar dirasakan rakyat,” bebernya.

Dirinnya mencontohkan, jalan sepanjang 700 meter yang akan dibangun lewat TMMD ke 116 ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat. Pasalnya, jalan tersebut dapat menghubungkan dua desa di dua kecamatan di Kabupaten Sukabumi.

“Sebelum ditembuskan lewat program TMMD ini, penggguna kendaraan roda empat harus memutar untuk sampai ke desa sebelah dengan waktu tempuh sekitar 2-3 jam. Ketika jalan ini kita bangun dan perlebar, kendaraan cukup sekitar 10 menit sudah bisa melintas. Selain jalan, masih ada sejumlah pembangunan fisik lainnya seperti, jembatan hingga rumah warga,” pungkasnya.

Sumber : Web Pemkab Sukabumi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *