Breaking News

Rakor Lintas Sektoral Bahas RDTR, Wabup Sukabumi Paparkan Strategi Penataan Ruang Th. 2024-2044

(Foto : Dok Diskominfosan Kab Sukabumi)

FOKUSMEDIANEWS.COM, JAKARTA – Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri memaparkan isu strategis penataan ruang di wilayah Kabupaten Sukabumi antara lain Jaringan Jalan Nasional, Bandar Udara dan Kawasan Industri. Wabup juga menjelaskan di Wilayah Perencanaan terdapat patahan sesar aktif yang eksistingnya sudah padat permukiman.

Berkenaan dengan Rencana Detail Tata Ruang Kawasan Perkotaan Cikembar Tahun 2024-2044 tersebut disampaikan Wabup saat mengikuti rapat koordinasi lintas sektoral terkait pembahasan rancangan peraturan Kepala Daerah tentang rencana detail tata ruang ( RDTR) di the Thibrata Convention, jalan Dharmawangsa III, Kebayoran Baru – Jakarta Selatan, Rabu (24/1/2024).

Baca Juga :   Pelajari Percepatan Digitalisasi, Pemkot Surakarta dan Yogyakarta Kunker ke Bogor

Rakor digelar oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melalui Direktorat Jenderal Tata Ruang. Rakor di pimpin oleh Direktur Jenderal Tata Ruang, Ir. Gabriel Triwibawa.

“Menjawab hal itu ada beberapa kebijakan yang dipersiapkan yakni Simpul Transportasi dengan Peningkatan interaksi antarwilayah Kawasan Perkotaan Cikembar terhadap wilayah sekitar, Peningkatan konektivitas antarmoda dan transportasi di Kawasan Perkotaan Cikembar, Penyediaan sarana prasarana pendukung transportasi berbasis mitigasi bencana di Kawasan Perkotaan Cikembar,” jelas Wabup.

Baca Juga :   Bupati Sukabumi Lepas Atlet Cabor Drum Band Keajang Poprov XIV Jabar. Ini Harapannya .. !

Masih dikatakan Wabup, isu strategis lainnya antara lain Pengembangan Kawasan Industri Berkelanjutan, Pengembangan pusat-pusat pelayanan skala kawasan, kecamatan, dan desa, Pengembangan Kawasan Permukiman tahan bencana serta Penerapan sistem jaringan evakuasi bencana

Wabup berharap rencana detail tata ruang bisa segera di revitalisasi dan kedepan dengan penataan ruang yang baik bisa menambah investasi di Kabupaten Sukabumi.

Baca Juga :   Upacara Harkitnas ke-116 Tingkat Kabupaten Sukabumi, Bangkit Untuk Indonesia Emas

“Intinya adalah penataan ruang di kawasan Cikembar ini untuk mewujudkan Kawasan Perkotaan Cikembar sebagai wilayah perekonomian cepat tumbuh berbasis simpul transportasi, pengembangan kawasan industri berkelanjutan, dan kawasan penyangga berwawasan lingkungan,” pungkas Wabup Iyos. (*rls)

Editor: Anom Nurzain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *