Breaking News

Pustu Cicadas Cikundul Kota Sukabumi Diresmikan

Foto : Dok Diskominfo Kota Sukabumi

FOKUSMEDIANEWS.COM, KOTA SUKABUMI – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi, Reni Rosyida Muthmainnah, meresmikan Puskesmas Pembantu (Pustu) Cicadas Kelurahan Cikundul Kota Sukabumi, Jum’at (29/09/2023). Peresmian tersebut dihadiri oleh para pejabat Muspika kecamatan Lembursitu, Lurah Lembursitu dan undangan lainnya.

Kepala Puskesmas Cikundul, Denna Yuliavina, dalam sambutannya menerangkan keberadaan Pustu Cicadas yang berada diwilayah kerjanya, bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Ia pun mengajak semua pihak untuk ikut mendukung keberadaan Pustu yang berlokasi di RT 1 RW 8 Kelurahan Cikundul tersebut.

Baca Juga :   Perkuat Mental dan Rohani Anggotanya, Kapolres Sukabumi Datangkan Tim ESQ

Sedangkan Kepala Dinkes Kota Sukabumi Reni Rosyida Muthmainnah mengatakan, bahwa Pustu yang akan difungsikan diantaranya dalam kegiatan preventif dan promotif kesehatan merupakan upaya pihaknya untuk mentransformasi pelayanan primer kesehatan agar dapat diakses dengan cepat, mudah dan murah oleh masyarakat.

“Pustu (Puskesmas Pembantu) ini merupakan bagian dari pendekatan pelayanan Puskesmas kepada masyarakat, supaya masyarakat lebih dekat mendapatkan pelayanan dasar lebih cepat dan lebih murah,” jelasnya

Kadinkes menambahkan, target dari keberadaan Pustu ini adalah meningkatkan layanan dan cakupan pelayanan kesehatan yang diantaranya bisa diukur melalui tingkat kunjungan masyarakat ke Pustu.

Baca Juga :   Peringati Hari Pendengaran Sedunia, Komda PGPKT Kota Sukabumi Gelar Literasi Kesehatan Bagi Siswa SD

“Meningkatkan pelayanan, cakupan seperti cakupan program, maupun cakupan kunjungan masyarakat ke pelayanan dasar. Biasanya dulu itu satu hari sekitar 60 kunjungan, mudah – mudahan dengan semakin bagusnya pelayanan Pustu akan semakin banyak pasien datang, bukan hanya berobat saja tapi untuk mendapatkan tindakan preventif dan promosi kesehatan,” ujarnya

Reni mengajak masyarakat untuk ikut merawat dan menjaga keberadaan Pustu Cicadas. “Masyarakat juga memiliki jiwa memiliki yang tinggi sehingga mau menjaga secara bersama  baik fasilitasnya, kebersihannya, maupun keamanannya. Kita jaga karena Puskesmas Pembantu adalah milik masyarakat yang difasilitasi oleh dinas kesehatan,” tegasnya.

Baca Juga :   Wabup Sukabumi Mengikuti Rakor Persiapan Pengadaan ASN Tahun 2024

Pustu Cicadas akan beroperasi sebanyak dua kali dalam seminggu yakni pada hari Selasa dan Jumat, dengan jam pelayanan adalah pukul 8 pagi hingga 11 siang untuk hari Selasa, serta khusus hari Jumat Pustu akan melayani masyarakat dari pukul 8 pagi hingga 10 siang. (*Rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *