Breaking News

Peringati Hari Pendengaran Sedunia, Komda PGPKT Kota Sukabumi Gelar Literasi Kesehatan Bagi Siswa SD

Sumber : Diskominfo Kota Sukabumi

FOKUSMEDIANEWS.COM, KOTA SUKABUMI – Komite Daerah Penanggulangan Gangguan Pendengaran dan Ketulian (Komda PGPKT) Kota Sukabumi memperingati Hari Pendengaran Sedunia dengan menggelar kegiatan literasi kesehatan bagi siswa sekolah dasar dan pencanangan pelatihan PGPKT diseluruh Puskesmas di Kota Sukabumi. Dua kegiatan ini dilaksanakan pada Hari Kamis, 7 Maret 2024, bertempat di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Sukabumi.

Baca Juga :   Penjabat Sekda Jabar : Budaya K3 Dapat Menekan Angka Kecelakaan Kerja

Kepala Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, Reni Rosyida Muthmainnah menjelaskan, kegiatan yang terselenggara berkat kolaborasi antara Pemerintah Kota Sukabumi dan Komda PGPKT bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terutama siswa sekolah, mengenai pentingnya menjaga kesehatan telinga.

Ia menjelaskan dalam pemeriksaan gangguan pendengaran yang dilakukan terhadap sekitar 196 ribu orang, diketahui bahwa gangguan telinga yang sering dialami oleh warga Kota Sukabumi diakibatkan oleh serumen atau kotoran telinga.

Baca Juga :   Nikmati Kuliner dengan Suasana China Town Kota Bogor

“Dari 196 ribu masyarakat yang di – screening gangguan telinga, sekitar 0,5 persen mengalami gangguan telinga dan 50 persen karena serumen atau kotoran telinga. Jadi yang dilakukan Komda PGPKT hari ini adalah memberikan edukasi kepada anak-anak pentingnya menjaga kesehatan telinga,” Jelasnya

Sedangkan terkait pelatihan yang akan dilakukan oleh Komda PGPKT diseluruh Puskemas bertujuan untuk meningkatkan kompetensi tenaga medis dalam mendeteksi gangguan pendengaran.

Baca Juga :   RS Sekarwangi Launching Inovasi Pelayanan, Bupati Sukabumi : Semangat Menjdi RS Unggul dan Terdepan

“Pelatihan kepada tenaga medis diseluruh Puskesmas untuk meningkatkan kualitas pendeteksian gangguan telinga. Mereka sudah bisa namun akan ditingkatkan kualitas pemeriksaannya dengan ilmu yang baru,” ujarnya. (*rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *