Breaking News

Pj Wali Kota Sukabumi Buka Bursa Kerja Terbatas, Khusus ART ke Arab Saudi

Foto : Dok Diskominfo Kota Sukabumi

FOKUSMEDIANEWS.COM, KOTA SUKABUMI – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa Barat bekerja sama dengan Disnaker Kota Sukabumi menggelar bursa kerja terbatas dengan membuka lowongan pekerjaan ke Arab Saudi bagi Asisten Rumah Tangga (ART), di Gedung Juang Kota Sukabumi, Kamis (14/12/2023)

Kepala Disnaker Kota Sukabumi, Abdul Rachman, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kota Sukabumi merupakan salah satu dari enam daerah di Jawa Barat yang ditunjuk menjadi pilot project pengiriman Pekerja Migran Indonesia (PMI) ke Arab Saudi, pasca dicabutnya moratorium pengiriman PMI ke kawasan Timur Tengah. Menurutnya, acara ini merupakan kesempatan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar selalu menempuh cara yang legal ketika hendak bekerja ke luar negeri.

Baca Juga :   Kota sukabumi Kirimkan 359 Atlet dan 116 Official pada Perhelatan Porprov XIV Jabar 2022

Sedangkan Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja Disnakertrans Provinsi Jawa Barat, Hendra Kusuma Sumantri, pada kesempatan tersebut mendorong para calon PMI untuk memanfaatkan kesempatan bekerja ke luar negeri.  Saat ini menurutnya tercatat lebih dari 44 ribu orang PMI bekerja diberbagai negara.

Seusai membuka acara bursa kerja terbatas itu, Penjabat Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji menerangkan, peluang ini harus dimanfaatkan oleh masyarakat untuk bekerja ke Arab Saudi melalui cara yang legal.

Baca Juga :   Motif Pengeroyokan Pelajar di Cibadak Hingga Tewas Diungkap Polisi, Tujuh Orang dan Satu Pelaku Utama Ditangkap

“Ini adalah peluang, alhamdulillah kita ditunjuk oleh Disnakertrans Provinsi Jawa Barat untuk mengadakan bursa tenaga kerja untuk wilayah Sukabumi dan sekitarnya. Karena walaupun moratorium banyak juga tenaga kerja yang berangkat secara ilegal.” terangnya kepada awak media.

Dijelaskan pula sebelum diberangkatkan para peserta yang lolos seleksi akan mengikuti pelatihan yang diadakan oleh Disnakertrans.

Baca Juga :   Peringati Hari Juang Siliwangi 2022, Wabup Sukabumi : Jadikan Nilai Kepahlawanan Motivasi Membangun Sukabumi Lebih Baik

“Jadi kita mengupayakan hari ini silakan daftar dengan ketentuan yang berlaku ya, perempuan usia antara 23-37 tahun, terus juga nanti insyaallah kita akan coba latih oleh Disnaker Kota Sukabumi bersama dengan beberapa pihak,” pungkasnya (*Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *