Breaking News

Pemkot Bogor dan Bundo Kanduang Gelar Urang Minang Baralek Gadang

Acara Urang Minang Baralek Gadang di Pa seban Sri Bima, Balai Kota Bogor, Sabtu (21/10/2023). (Foto : Diskominfo Kota Bogor)

FOKUSMEDIANEWS.COM, KOTA BOGOR – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor bersama Bundo Kanduang Jawa Barat menggelar acara Urang Minang Baralek Gadang di Paseban Sri Bima, Balai Kota Bogor, Sabtu (21/10/2023). Acara Urang Minang Baralek Gadang ini digelar dengan tujuan melestarikan seni dan budaya Minangkabau.

“Kegiatan ini sebagai momen untuk menyosialisasikan serta menumbuhkan rasa cinta adat istiadat, budaya dan makanan khas Minangkabau, terutama untuk suku Minangkabau di perantauan,” ujar Bundo Kanduang Bogor dan Jawa Barat,  Poppy Sofyan.

Baca Juga :   Pohon tumbang lagi, Kali Ini di Jalan Raya Cisarakan Buniwangi Palabuhanratu
Foto : Diskominfo Kota Bogor

Wali Kota Bogor, Bima Arya mengatakan, dua hari ini Balai Kota dikuasai bundo-bundo Minangkabau. Ia pun mengakui senang dan mengagumi segala sesuatu yang berkaitan dengan Minang, bukan saja kulinernya tapi juga kultur, budaya dan pemikirannya. Pada kesempatan itu pula, ia mengutip pernyataan Bung Karno.

“Bung Karno pernah berkata ‘Bekerjalah seperti orang Jawa, berbicaralah seperti orang Batak tapi berpikirlah seperti orang Minang’. Jadi ini  simbol kecerdasan dan kebijaksanaan,” jelasnya.

Baca Juga :   60 UMKM di Kab Sukabumi Naik Kelas Dari Katagori Mikro ke Kecil
Foto : Dok Diskominfo Kota Bogor

Bima Arya menuturkan, peserta yang hadir tidak saja orang-orang Minang di Kota Bogor, tapi juga Minang se-Jawa Barat. Ia pun berharap, sebelum ia menyelesaikan tugasnya sebagai Wali Kota Bogor akan ada lagi perayaan kebudayaan lain, seperti Batak dan Sulawesi Selatan di Balai Kota setelah perayaan kebudayaan Aceh dan Minang.

“Kota Bogor ini kota terbuka, semakin ke sini semakin heterogen, dulu mayoritas orang Sunda sekarang banyak pendatang dari Minang, Sulawesi, Melayu. Di sekeliling saya pun banyak orang Minang, mulai dari staf khusus, kepala dinas, ASN juga banyak Minang. Jadi inilah Bogor untuk Indonesia,” katanya. (*Rls)

Baca Juga :   Bima Arya Turun ke Pasar, Pastikan Ketersediaan Bahan Pangan Lancar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *