Breaking News

Peduli Lingkungan, TNI Bersihkan Sampah dan Tanam Pohon di Pantai Talanca Loji Simpenan Kabupaten Sukabumi

Kurang lebih 1000 personil gabungan ikut serta dalam kegiatan bersih-bersih pantai dan penanaman bibit pohon kelapa di pantai Talanca Desa Loji Kecamatan Simpenan Kabupaten Sukabumi, Senin (15/01/2024). (Foto : istimewa)

FOKUSMEDIANEWS.COM, KAB SUKABUMI –  Ribuan personil gabungan melaksanakan kegiatan pembersihan sampah dan penanaman 500 bibit pohon kelapa dikawasan Pantai Talanca Desa Loji Kecamatan Simpenan Kabupaten Sukabumi, Senin (15/01/2024).

Tidak Kurang dari 1000 personil terlibat dalam kegiatan peduli lingkungan itu. Personil gabungan terdiri dari personil Kodim 0622/Kab. Sukabumi, Pos TNI AL Palabuhanratu, Puslatpur Marinir Antralina, Satradar TNI AU, Yonif 310/KK, Yonarmed 13 Nanggala Kostrad, Polres Sukabumi, Satpol Air Palabuhanratu, Satpol PP Kab. Sukabumi, PLTU II Jabar Palabuhanratu, Forkopimcam Simpenan, Pelajar, Pramuka, Ormas, LSM, OKP, Relawan dan Masyarakat sekitar.

Dandim 0622/Kab. Sukabumi Letkol Inf Anjar Ari Wibowo, yang memimpin apel persiapan kegiatan trsebut, menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh personil yang terlibat dan mendukung bersih-bersih pantai dan penanaman pohon dipantai Loji. Menurutnya, kegiatan ini jangan sampai terputus dan harus befrkesinambungan. Pantai loji sangat indah dan potensial sebagai objek wisata, namun karena masih banyak sampah kelihatannya tidak menarik. Kalau bersih maka semua akan bisa menikmarti keindahannya.

Baca Juga :   Respon Video Ajakan Bersih Pantai, Pemkab Sukabumi Sigap Gelar Rapat Persiapan

Dandim menekankan ajakannya kepada semua pihak untuk bersama-sama membersihkan Pantai Talanca. Menurutnya, kalau bukan Kita siapa lagi dan kapan lagi kita peduli dengan Pantai ini.

“Kami memiliki target bahwa pantai talanca harus bersih hingga akhir Februari 2024, sehingga pada bulan Maret 2024 Pantai Talanca ini dapat dibuka sebagai Destinasi wisata pantai yang baru di Kabupaten Sukabumi, dimana selain dapat dinikmati para pengunjung atau wisatawan, harapan kami semoga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar,” kata Anjar Ari Wibowo.

Dok : Diskominfosan Kab Sukabumi

Letkol Inf Anjar Ari Wibowo menjelaskan bahwa setelah mempelajari dan mengevaluasi kegiatan pembersihan sampah yang dilakukan di bulan Oktober 2023 sampai saat ini, sampah yang ada saat ini tinggal yang belum sempat dibersihkan saat itu.

Baca Juga :   Dandim 0622 Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Lodaya 2023 Polres Sukabumi

“Saya melihat sampah saat ini tinggal sampah kayu, rata-rata dari bekas batok kelapa, sampah kain dan sisa-sisa sampah plastik,” ujar Anjar.

Sebelumnya kegiatan bersih-bersih sampah di sekitar pantai loji telah dilaksanakan pasukan gabungan di awal bulan Januari, masing-asing tgl 5, 6, 7, 10 dan 11 Januari 2023.

Pada kesempatan yang sama, Pasiterdim 0622/Kab. Sukabumi, Kapten Inf Herman Harkad,  meneruskan penjelasan dari Dandim tentang komitmennya Kodim dalam memerangi sampah di pantai Talanca Desa Loji.

“Hari ini kita akan membersihkan sampah disepanjang pantai talanja Desa Loji Kecamatan Simpenan Kab. Sukabumi dengan jarak sekitar 2,5 Km, Mekanisme kegiatan yaitu setiap yang hadir masing–masing akan diberikan kantong sampah atau karung ukuran 30 Kg untuk mengumpulkan sampah dan sampah yang sudah terkumpul akan di angkat oleh kendaraan yang sudah disiapkan DLH Kabupaten Sukabumi dan dibuang ke TPA,” ujarnya.

Baca Juga :   Bima Arya Tinjau Dua Rumah Penerima Bantuan RTLH di Kota Bogor

Herman Harkad kembali menegaskan harapannya, selain dapat segera dibuka sebagai destinasi wisata pantai yang dapat dinikmati dan juga bisa menjadi tempat aktivitas nelayan. Sehingga bisa eningkatkan perekonomian masyarakat.

Di akhir kegiatan Dandim 0622/Kab. Sukabumi Letkol Inf Anjar Ari Wibowo bersama tamu undangan lainnya melaksanakan penanaman secara simbolis bibit pohon kelapa yang rencananya akan ditanami kurang lebih 500 bibit pohon kelapa dikawasan pantai Talanca Desa Loji Kecamatan Simpenan. (*rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *