Breaking News

Musrenbang Kota Sukabumi Sepakati RPJPD 2025 – 2045 dan Rencana Kerja Tahun 2025

Musrenbang tingkat Kota Sukabumi di Hotel Horison, Rabu 6 Maret 2024. (Sumber : Diskominfo Kota Sukabumi)

FOKUSMEDIANEWS.COM, KOTA SUKABUMI – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Sukabumi menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kota Sukabumi, di Hotel Horison, Rabu (6/3/2024).  Musrenbang membahas (menentukan) arah kebijakan pembangunan dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025 – 2405 dan menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2025.

Hadir dalam acara Musrenbang tersebut, Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopima) serta unsur pentahelix dan lainnya.

Pj Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji mengungkapkan, dalam kegiatan ini telah disepakati berbagai usulan yang diantaranya berasal dari masyarakat yang akan dimasukkan dalam RKPD Pemerintah Kota Sukabumi.

Baca Juga :   PT PUM Kenalkan Alat Ukur Pulusi Udara, Wabup Sukabumi Minta Diuji Terlebih Dahulu

“Usulannya sudah diakomodir sedemikian rupa, termasuk RPJPD sudah melalui konsultasi publik dan tahapan lainnya, kemudian sudah menyesuaikan pula dengan rencana pembangunan jangka panjang Pemerintah Pusat dan Provinsi. Ada beberapa usulan yang diakomodir, ditunda, sesuai dengan visi misi 20 tahun ke depan yaitu kreatif, unggul, berbudaya dan berkelanjutan,” jelasnya.

Ia melanjutkan, beberapa hal seperti menurunkan tingkat pengangguran terbuka menjadi fokus Pemerintah Kota Sukabumi dalam rencana kerja tahun depan, yang akan dilaksanakan oleh Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih. Selain itu berbagai usulan seperti dalam bidang pendidikan dan infrastruktur publik juga dijadikan prioritas dalam penyusunan rencana kerja Pemerintah Kota Sukabumi.

Baca Juga :   Forkopimda Kota Sukabumi Sidak ke Apotik, Menyusul SE Dinkes Soal Pencegahan Peredaran Obat Bentuk Sirup

“Tapi kita nanti akan coba dipilah mana yang sangat prioritas. Termasuk juga tenaga pengangguran terbuka kita akan coba minimalisasi termasuk juga angka kemiskinan gitu kan, itu juga akan terus menjadi fokus perhatian kita termasuk juga pendidikan ya dan kesehatan itu menjadi fokus kita di program selanjutnya,” ujarnya.

Sementara Kepala Bappeda Kota Sukabumi, Asep Suhendrawan menjelaskan, Musrenbang yang dilaksanakan di 33 kelurahan didapatkan 528 usulan masyarakat, yang kemudian diseleksi untuk dimasukkan kedalam RKPD Pemerintah Kota Sukabumi tahun 2025.

Baca Juga :   FKUB Gelar Kegiatan Bakti Sosial Dalam Rangkaian HUT Kota Sukabumi ke – 110

Sedangkan terkait RPJPD yang akan menjadi acuan pembangunan Kota Sukabumi untuk 20 tahun kedepan telah memuat delapan misi, 17 arah kebijakan dan 45 indikator visi dan misi yang telah diselaraskan dengan rencana jangka panjang Pemerintah Pusat dan Provinsi. (*rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *