Breaking News

Mieling Poe Basa Indung Sadunya, Wabup Sukabumi : Upaya Pelestarian Eksistensi Bahasa Daerah Sedunia

Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri menghadiri kegiatan Mieling Poe Basaha Indung Sadunya, tingkat Kabupaten Sukabumi, di Kantor Dinas Pendidikan, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Selasa (21/2/2023).

FOKUSMEDIANEWS.COM, KAB. SUKABUMI – Wakil Bupati Sukabumi H Iyos Somantri membuka Kegiatan Mieling Poe Basa Indung Sadunya, tingkat Kabupaten Sukabumi tahun 2023. Kegiatan dipusatkan di Kantor Dinas Pendidikan, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Selasa (21/2/2023).

Wabup mеngаtаkаn, tanggung jawab mеlеѕtаrіkаn kebudayaan khusunya Bahasa, Sastra dаn Budaya Sunda mеruраkаn kеwаjіbаn kіtа ѕеmuа. Untuk itu, dibutuhkan ѕаtu usaha ѕіnеrgіѕ уаng melibatkan ѕеmuа unsur.

Baca Juga :   Kemenko PMK Targetkan Penurunan Stunting 14 persen pada Tahun 2024

“Dengan adanya acara ini saya merasa tenang, senang dan bangga. Saya melihat masih banyak orang yang menggunakan bahasa sunda,” ungkapnya.

Masih menurut Wabup, bahasa Sunda sebagai bahasa ibu, berarti menempatkan bahasa sunda sebagai bahasa utama yang digunakan masyarakat sunda, baik di lingkungan pergaulan tertentu maupun di internal keluarganya.

“Terlebih pemerintah Provinsi Jawa Barat sudah mengeluarkan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat Nomor 14 Tahun 2014, Tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat Nomor 5 Tahun 2003 Tentang Pemeliharaan Bahasa, Sastra Dan Aksara Daerah,” ucapnya.

Baca Juga :   Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi Laksanakan Shalat Idul Fitri di Pelataran Masjid Agung Palabuhanratu. Simak Amanatnya !!

Lebih lanjut Wabup berharap, dengan digelarnya kegiatan ini kedepannya adat sunda mulai dari pakaian dan bahasa sunda bisa diterapkan di sekolah sampai perguruan tinggi maupun instansi pemerintah se-Kabupaten Sukabumi.

Diakhir kegiatannya Wabup berkesempatan untuk meninjau stand seni budaya dan makanan tradisional sunda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *