Breaking News

Mengurai Kemacetan di Palabuhanratu, Polres Sukabumi Berlakukan CB One Way dan Taktis

Kanit Gakum Satlantas Polres Sukabumi Ipda M Yanuar Fajar saat memberikan keterangan (Foto : Istimewa)

FOKUSMEDIANEWS.COM, KAB SUKABUMI – Mengisi liburan tahun baru 2024 banyak wisatawan yang mengunjungi obyek wisata dikawasan Palabuhanratu. Hari pertama ditahun 2024, tepatnya Senin (1/1), beberapa objek wisata pantai dari Palabuhanratu ke arah Cisolok dipadati pengunjung. Kondisi ini sempat mengakibatkan kemacetan dibeberapa ruas jalan, terutama ketika terjadi arus balik.

Kanit Gakum Satlantas Polres Sukabumi Ipda M Yanuar Fajar mengungkapkan, Satlantas Polres Sukabumi melakukan berbagai cara untuk mengurai atau menghindari kemacetan. Diantaranya melakukan CB (cara bertindak) One Way, buka tutup jalan dan CB priorits, seperti yang dilakukan di Jalan Gunungbutak Desa Citepus dan Simpang Bagbagan, Desa Jayanti, Palabuhanratu.

Baca Juga :   PMI Kota Bogor Gelar Muskerkot, Ini Arahan Wakil Wali Kota
Kemacetan yang sempat terjadi di Jalan Jend. Achmad Yani menuju Jalan Batusapi hingga simpang Bagbagan, Senin (1/1/2024). Kemacetan ini bisa diatasi dengan berbagai upaya yang dilakukan Satlantas Polres Sukabumi diantaranya dengan CB One Way dan CB Taktis. (Foto : Istimewa)

“Kita saksikan bersama, hari ini arus lalulintas didominasi oleh arus balik. Untuk mengurai kemacetan kita lakukan CB (cara bertindak) prioritas dimana arus yang padat, kita saksikan disimpang Bagbagan, kiriman yang terpadat dari arah Palabuhanratu atau simpang Batusapi, maka kita berlakukan buka tutup dengan durasi waktu yang lebih lama,” ujar Ipda Yanuar Fajar, Senin (1/1/2024)

Sempat terjadi kemacetan pajang di jalan Batusapi menuju simpang Bagbagan, menurut Ipda M Yanuar Fajar diakibatkan arus kendaraan yang begitu padat dari arah Palabuhanratu. Hal itu merupakan dampat diberlakukan CB one way di Gunung Butak.

Baca Juga :   SMSI Sukabumi Raya Gelar Raker Perdana, Bahas Peran Media Ciber Dalam Pembangunan Sukabumi

“Tadi kita berlakukan CB One Way di Gunung Butak, dilaksanakan dua sesi, (ini dimaksudkan-red) untuk menguras kendaraan yang menumpuk (dari arah Cimaja-red). Karena pengurasan begitu maksimal maka dampaknya ke simpang Bagbagan dan mengekor ke sepanjang Jalan Batusapi. Alhamdulillah sekarang sudah normal,” ungkapnya.

Yanuar juga menjelaskan upaya untuk mengurai kemacetan di simpang Bagbagan, terutama menyiasati kendaraan yang masuk ke Palabuhanratu dari arah Warungkiara. Menurutnya petugas Satlantas Polres Sukabumi sempat memberlalukan CB Taktis dengan mengalihkan dulu kendaraan yang menuju Palabuhanratu ke simpang Loji dan berputar di rest area.

Baca Juga :   Rapat Paripurna DPRD Kab Sukabumi, Penyampaian Nota Pengantar Bupati Tentang Rapeda RPJPD 2025-20245

“CB taktis kita (berlakukan-red) untuk menguras arus balik kiriman dari Palabuhanratu, sehingga arus kendaraan yang datang dari arah Warungkiara kita alihkan dulu sedikit ke simpang loji dan berputar di rest area,” ucap Ipda M Yanuar Fajar. (*ANz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *