Breaking News

Mengenal Vetiver atau Akar Wangi, Tanaman Pencegah Tanah Longsor

Tanaman Vetiver (Chrysophogon Zizaionide)

FOKUSMEDIANEWS.COM, SUKABUMI – Tanaman vetiver  yang memiliki nama latih Chrysophogon Zizaionide, kadang disebut juga akar wangi. Jarang orang tahu bahwa tanaman vetiver memiliki banyak manfaat yang baik terhadap lingkungan hidup.

Manfaat dari tanaman Vetiver antara lain bagian daunnya dapat bermanfaat menyerap karbon, pakan ternak, mengusir hama, bahan atap rumah, dan bahan dasar kertas. Pada bagian akarnya bermanfaat mencegah longsor dan banjir, memperbaiki kualitas air, melindungi infrastruktur, menyerap racun, dan menyuburkan tanah.

Baca Juga :   Dishut Prov Jabar Tanam 300 Bibit Pohon di Sukaraja Kab Sukabumi Guna Letarikan Lingkungan

Vetiver System adalah sebuah teknologi sederhana yang berbiaya murah dengan memanfaatkan tanaman vetiver hidup untuk konservasi tanah dan air serta perlindungan lingkungan. Vetiver System sangat praktis, tidak mahal, mudah dipelihara, dan sangat efektif dalam mengontrol erosi dan sedimentasi tanah, konservasi air, serta stabilisasi dan rehabilitasi lahan.

Karena manfaat dan keunggulannya, tanaman Vetiver dipergunakan untuk memperbaiki ekosistem lingkungan sungai dan mencegah terjadinya longsor dibantaran sungai. Contoh yang dilakukan Satgas Citarum Harum yang menggalakan penanaman vetiver di bantaran sungai Citarum untun menjaga dan melestarikan aliran sungai Citarum.

Baca Juga :   Dialog Multipihak, Sekda : Pemkab Sukabumi Mengoptimalkan Standar Pelayanan Minimal di Kabupaten Sukabumi

Vetiver merupakan tanaman sejenis rumput dari India, termasuk dalam famili Poaceae dan sekeluarga dengan sereh atau padi.

Menurut peneliti, vetiver dapat menjadi pilihan terbaik untuk ditanam di lahan bekas Hak Guna Usaha (HGU) yang telah digunduli, tanpa reboisasi. (*rls)

Sumber : Citarum Harum dan BPBD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *