Breaking News

Lindungi Abrasi, UNHAN Tanam 5000 Mangrove di Pantai Palangpang

Bupati Sukabumi H Iyos Somantri membuka penanaman 5000 Mangrove di pantai palangpang Kawasan Geopark Cileutuh Kabupaten Suabumi,yang merupakan merupakan pengabdian Civitas akademika Universitas Pertahanan RI. (Foto : Dok Diskominfosan Kab Sukabumi)

FOKUSMEDIANEWS.COM, KAB SUKABUMI – Kawasan Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGGp) ditanami 5000 pohon mangrove, tepatnya di Pantai Palangpang, Kecamatan Ciemas, Jumat (23/2/2024). Penanaman pohon itu merupakan pengabdian Civitas akademika Universitas Pertahanan RI untuk melindungi pesisir pantai dari abrasi.

Acara penanaman dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Sukabumi H Iyos Somantri beserta beberapa kepala perangkat daerah.

Wakil Bupati Sukabumi H Iyos Somantri menekan pentingnya penanaman mangrove di kawasan pesisir pantai ini untuk menjaga keanekaragaman hayati (biodiversity), dan upaya yang dilakukan Unhan RI selaras dengan tagline geopark, yakni memelihara bumi dan mensejahterakan masyarakat.

Baca Juga :   Rumah Tertimbun Longsor di Kadudampit, Satu Orang Meninggal Dunia

“Saya atas nama Pemkab Sukabumi dan juga sebagai Ketua BP CPUGGp mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Unhan RI yang telah melaksanakan kegiatan di kawasan geopark Palabuhanratu,” ungkapnya.

Menurut Wabup Iyos, geopark ciletuh Palabuhanratu sebagai ikon Kabupaten Sukabumi secara serius harus dijaga dan dipelihara oleh semua, maka dengan kegiatan Unhan ini diyakini mampu memperkuat biodiversity.

“Kita ingin mangrove ini kedepan dapat dipelihara dengan baik dan dilakukan pemantauan perkembangannya, sehingga jangan sampai mati, sehingga 2 sampai 3 tahun kedepan hasilnya bisa terlihat,” tegasnya.

Baca Juga :   Pj. Bupati Bogor Ajak Masyarakat Budayakan Olahraga dan Peduli Lingkungan

H Iyos berharap, penanaman pohon mangrove di kawasan geopark ciletuh akan memperindah kawasan pantai selatan sukabumi.

(Foto : Dok Diskominfosan Kab Sukabumi)

Ditempat yang sama, Ketua pelaksana program studi (Prodi) magister keamanan maritim, Fakultas Keamanan Nasional, Unhan RI, Kolonel Laut, Panji Suwaro menjelaskan, bahwa kegiatan ini merupakan implementasi program studi mahasiswa Unhan yang berperan dalam menjaga keamanan maritim terhadap konservasi laut.

“Sebanyak 5000 bibit pohon mangrove yang telah kita tanam di Kawasan Pantai Palangpang ini yang berlangsung sejak hari kemarin,” ucapnya.

Disampai Panji Wuwarno, pengabdian terhadap masyarakat Kabupaten Sukabumi tidak hanya penanaman mangrove, tetapi juga dilaksanakan aksi bersih bersih pantai dan sosialisasi bela negara.

Baca Juga :   Kunjungan Kerja ke Jampangkulon Kabupaten Sukabumi, Menhan RI Resmikan Bantun Sumur Bor dan Pipanisasi

Kolonel Laut Panji menambahkan, alasan geopark ciletuh dijadikan sebagai lokus penanaman mangrove lantaran kerap terjadi adanya kerawanan, sebab kawasan tersebut berbatasan langsung dengan samudera hindia.

“Semoga kedepan kami bisa menanam kembali bibit mangrove di kawasan sini ataupun kami kirim bibit tambahan mangrove,”pungkasnya.

Disela-sela kesempatan tersebut dilakukan pemberian cenderamata dari kedua pihak antara Pemkab dengan Unhan RI, dilanjutkan dengan penanaman mangrove oleh Wakil Bupati Sukabumi di Muara Cimarinjung kawasan pantai Palangpang. (*rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *