Breaking News

Dampak Gempa Jumat Kemarin, Puluhan Rumah di Kecamatan Kabandungan Rusak

Salah satu rumah di Kecamatan Kabandungan yang terdampak gempa darat Jumat (8/12/2923). Dok P2BK Kabandungan

FOKUSMEDIANEWS.COM, KAB SUKABUMI – Gempa darat berkekuatan magnitudo 4,0 SR yang terjadi pada hari Jumat (8/12/2023) pukul 02.00 WIB, mengakibatkan puluhan rumah di wilayah Kecamatan Kabandungan Kabupaten Sukabumi rusak.

Lokasi gempa pada posisi 6.73 LS, 106.61 BT kedalaman 5 km, dengan pusat gempa berada di darat, sekitar 25 km Barat Daya Kota Bogor.

Perugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Kabandungan Yusuf K, dalam laporan yang dirilis Tim Pusdal Ops BPBD Kabupaten Sukanumi menyebutkan, ada 105 rumah rusak akibat gempa darat tersebut. Rinciannya  11 rusak berat, 36 rusak sedang dan 58 rusak ringan.

Baca Juga :   Jalan Penghubung Dua Kampung di Cidahu Sukabumi Tertutup Materi Longsor, Polisi dan Warga Gotongroyong Mengatasinya
Bangunan rumah yang terdampak gempa darat, Jumat (8/11/2023) . Foto P2BK Kabandungan

Kerusakan rumah itu tersebar di 5 desa yang ada diwilayah Kecamatan Kabandungan. Masing-masing di Desa Cipeuteuy 9 rumah rusak berat, 28 rusak sedang dan 31 rusak ringan. Di Desa Ciherang ada 29 rumah rusak ringan, si Desa Mekarjaya 1 rumah rusak berat, 1 rusak sedang dan 14 rusak ringan. Di Desa Kabandungan 1 rumah rusak berat, 6 rusak sedang dan 15 rusak ringan. Sedangkan di Desa Tugubandung ada 1 rumah rusak sedang.

Baca Juga :   Tiga Korban Tertimbun Longsor di Kampung Cileutik Pasirdatar Caringin Sukabumi Telah Dievakuasi

 

Bangunan rumah yang terdampak gempa Jumat (8/12/2923) Foto : P2BK Kabandungan

Fasilitas umum yang terdampak yaitu Mesjid Jami Al-Ikhlash di Desa Cipeuteuy kondisinya rusak ringan.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun sebanyak 9 keluarga harus diungsikan demi keamanan.

Tim gabungan dari P2BK Kabandungan, Tagana, Pol PP kecamatan, Babinsa, Babinkamtibmas, perangkat desa dan lainnya telah melakukan asesment serta koodinasi dengan pihak terkait untuk melakukan penanganan lebih lanjut. (*Rls)

Baca Juga :   Jembatan Gantung terbawa Arus di Bantar Gadung Kab Sukabumi, Aktifitas Masyarakat Terganggu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *