Breaking News

Bupati Sukabumi : Seiring Pengalihan Teknologi, Bidang Pertanian Prospek Masa Depan

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami menjadi pembicara dalam seminar nasional yang digagas BEM Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) di Gedung Islamic Center Kota Sukabumi (Foto : Diskominfo)

FOKUSMEDIANEWS.COM, KOTA SUKABUMI – Bupati Sukabumi H. Marwam Hamami menyebutkan, masa depan bangsa ini salah satunya bergantung kepada pertanian. Pekerjaan bidang pertanian di masa depan akan luar biasa seiring dengan pengalihan teknologi.

Hal itu disampaikan Bupati Marwan saat menjadi pembicara dalam seminar nasional yang digagas BEM Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) di Gedung Islamic Center Kota Sukabumi, Senin, 10 Juni 2024. Seminar mengambil tema ‘Harmonisasi Bumi Menyelaraskan Pertanian dan Kelestarian Lingkungan ini.

Baca Juga :   Rakor Pengendalian Inflasi, Bupati Sukabumi Sampaikan Terobosan Stabilitas Harga di Sukabumi

“Sebagian besar pekerjaan lain bisa diganti teknologi. Jadi, pekerjaan pertanian di masa depan akan luar biasa,” ucapnya.

Foto : Istimewa

Maka dari itu, mahasiswa pertanian ini harus terus mengembangkan kemampuannya dengan memanfaatkan secara langsung ilmu yang didapat selama berkuliah.

“Geluti prospek pertanian. Jangan sampai punya ilmunya tapi tidak dimanfaatkan,” pesan Bupati.

Tak hanya itu saja, Pemerintah Kabupaten Sukabumi memberikan kesempatan untuk mengaplikasikan ilmunya. Apalagi, terdapat sejumlah demplot (Demontration Plot) yang dapat dimanfaatkan untuk belajar pertanian.

Baca Juga :   Dipandang Memiliki Komitmen Kuat Pencegahan Perkawinan Anak, Delegasi Pemerintah Kamboja Kunjungi Kabupaten Sukabumi

“Kita ada sejumlah demplot yang dapat dimanfaatkan untuk belajar pertanian,” bebernya.

Bahkan, mahasiswa UMMI bisa bermitra dengan Dinas Pertanian dalam membangun Kabupaten Sukabumi. Apalagi, Kabupaten Sukabumi memiliki potensi yang sangat luar biasa.

“Potensi kita sangat luar biasa, tinggal dioptimalkan untuk kemaslahatan umat,” terangnya.

Foto : Istimewa

Sementara itu, Dekan Fakultas Pertanian UMMI Amalia Nur Milla menambahkan, kegiatan ini diharapkan bisa lebih membuka wawasan mahasiswa. Sehingga, mahasiswa bisa berkontribusi dalam pembangunan di Indonesia.

Baca Juga :   Hadiri Milad IGRA ke-XX dan Ortek Prasiaga, Bupati Sukabumi : Guru Garda Terdepan Dalam Menciptakan SDM Berkualitas

“Dengan anak muda yang kreatif, cerdas, dan berahlakul karimah, pertanian di Indonesia bisa semakin maju,” harapnya.

Sedikit penjelasan mengenai Demontration Plot (demplot) yang dikutip dari berbagai sumber, adalah suatu metode penyuluhan pertanian ke petani, dengan cara membuat lahan percontohan, agar petani bisa melihat dan membuktikan terhadap objek yang didemonstrasikan. (*rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *