Breaking News

Buka UKW Gratis Gelombang Pertama, Kadiskominfo Jabar : Wartawan Diharapkan Terus Perkuat Upaya ‘Jabar Sapu Bersih Hoaks’

FOKUSMEDIANEWS.COM, BANDUNG – Wartawan diharapkan menjadi garda terdepan dalam memerangi hoaks, sejalan dengan misi unit khusus “Jabar Sapu Bersih Hoaks”.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat, Dr. Ika Mardiah, M.Si saat membuka Uji Kompetensi Wartawan (UKW), yang diselengggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Barat, di Grand Asrilia Hotel Convention Jalan Pelajar Pejuang 45 No. 123 Bandung, Selasa (15/11/2022).

Ika Mardiah menambahkan, peran tersebut diantaranya untuk turut menyukseskan pemilu serentak 2024. Sehingga, warga masyarakat percaya bahwa pemilu itu adalah hal terbaik untuk melakukan perubahan, memilih para pemimpin.

Baca Juga :   Warga Dukung Pembangunan Jembatan Otista, Harapkn Bogor Lebih Lancar
Kadiskominfo Jawa Barat menyerahkan ID Card peserta UKW secara simbolis kepada salah seorang peserta UKW di Hotel Asrilia Bandung, Selasa (15/11/2022).

“Jangan sampai warga negara kita pesimistis dengan pemilu. Tapi saya harap memberikan semangat  kepada warga kita, bahwa pemilu itu akan memberikan perubahan terhadap kehidupan kita kearah yang lebih baik,” ungkap Ika Mardiah.

Sebelumnya Ika Mardiah menyampaikan permohonan maaf kepada Panitia UKW dan pengurus PWI Jawa Barat, karena Gubernur Ridwan Kamil, tidak bisa menghadiri kegiatan ini, sehubungan ada kegitan lain di Bali. Sementara Wakil Gubernur juga sedang melakukan kegiatan di Tasikmalaya dan menugaskan dirinya untuk membuka UKW PWI angkatan 49, 50 dan 51.

Baca Juga :   Konstituen Minta Dewan Pers Membuka Draf Perpres Media Berkelanjutan

Dalam sambutannya, ketua PWI Jawa Barat Hilman Hidayat menjelaskan, UKW yang diikuti 100 peserta ini merupakan bagian dari realisasi kerjasama PWI dengan Pemda Provinsi Jawa Barat, sebagaimana telah dijanjikan Gubernur Ridwan Kamil.

“Kegiatan ini merupakah bagian dari realisasi janji pak gubernur tentang 1000 UKW gratis, untuk meningkatkan profesionalitas wartawan di Jawa Barat,” ujar Hilman.

Baca Juga :   Kesan Mendalam Ketua Peradi Kota Bogor Setelah Didaulat Sebagai Narasumber UKW

Hilman menambahkan, sebenarnya ada tiga program utama Pemda Jabar yang dijanjikan gubernur, untuk diakselerasikan dengan program PWI Jabar. Ketiga program tersebut pertama, mendukung dan berusaha meningkatkan indeks kemerdekaan pers, hasailnya saat ini Jabar menempati posisi kedua. Kedua meningkatkan profesionalisme kewartawanan diantaranya melaksanakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) gratis bagi 1000 Wartawa di Jawa Barat. Ketiga berusaha membantu meningkatkan kesejahteraan anggota PWI. (ANz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *