Breaking News

20 Pramuka Kota Bogor Ikuti Kemnas V di Cibubur

Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Budi Waseso, membuka Kemnas ke-V, di Bumi Perkemahan Pramuka dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur, Jakarta, 15/2'2023.

FOKUSMEDIANEWS.COM, BOGORSebanyak 20 anggota pramuka Kota Bogor mengikuti kegiatan Perkemahan Ukhuwah Tingkat Nasional (Kemnas) ke-V di Bumi Perkemahan Pramuka dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur, Jakarta, 15-18 Februari mendatang.

Kemnas V ini diikuti peserta dari Satuan Komunitas Pramuka (Sako) Sekolah Islam Terpadu (SIT) se-Indonesia. Kota Bogor sendiri, mengirimkan para siswa dari SDIT Sholahudin, Pasir Jaya, Kecamatan Bogor Barat. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut kerja sama antara Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka dengan Pengurus Jaringan SIT.

Kemnas V dibuka langsung Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Budi Waseso. Dalam sambutannya, kerja sama dengan SIT ini bertujuan untuk meningkatkan upaya pembinaan bagi kaum muda, khususnya siswa SIT melalui kegiatan kepramukaan.

Baca Juga :   Ratusan Jemaah Mengikuti Haul Akbar H. Mu'thi Bin H. Umar di Pondok Pesantren Assalafiyah Babakan Tipar

“Kita juga patut bersyukur bahwa perkemahan ini dapat dilaksanakan dengan jumlah peserta yang lebih besar, antara lain karena pemerintah telah mencabut Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada akhir Desember 2022,” kata Budi Waseso dalam sambutannya.

Perkemahan Ukhuwah ini, sambung Budi Waseso, sejalan dengan tujuan yang tercantum bahwa Gerakan Pramuka, berusaha membentuk setiap anggota pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa dan berakhlak mulia.

“Menjalankan kewajiban dan melaksanakan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa menjadi prioritas utama bagi seorang anggota Pramuka. Dengan kata lain, ini merupakan suatu hal yang sejalan dengan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh Satuan Komunitas Jaringan SIT,” sambung Budi Waseso.

Baca Juga :   TP PKK Kabupaten Sukabumi Gelar Halal Bihalal, Pererat Silaturahmi Menuju Keluarga Sejahtera Lahir Batin

Sehingga, para peserta Kemnas V ini bisa memanfaatkan kegiatan perkemahan sebagai suatu upaya untuk terus melaksanakan kewajiban dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Berbagai kegiatan yang dilaksanakan pada perkemahan ini merupakan bagian dari pendidikan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan, termasuk kegiatan bakti masyarakat.

Ditambah tak hanya dari dalam negeri, peserta Kemnas V juga mendatangkan kontingen dari negara Malaysia dan Thailand. “Jalin persaudaraan dengan teman-teman dari Malaysia dan Thailand. Mari kita terus perkuat persaudaraan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” katanya.

Terpisah, Ketua Pelaksana Kemnas V Sako Sekolah Islam Terpadu, Dian Permana menyampaikan, bahwa Perkemahan Ukhuwah Nasional ini berlangsung 15-18 Februari 2023 di Bumi Perkemahan Pramuka dan Graha Wisata Cibubur, Jakarta.

Baca Juga :   Bima Arya Dianugrahi Lencana Melati Gerakan Pramuka, Disematkan Budi Waseso

“Jumlah total peserta dan Bindamping dan peserta dari luar negeri adalah 9.433 peserta, 104 peserta adalah dari Pramuka Malaysia dan Pramuka Thailand,” singkatnya menambahkan.

Di kesempatan yang berbeda, Sekretaris Umum Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Bogor, Nurnawaly Amin mengungkapkan, pada Kemnas V para peserta dan pembina pendamping bisa memunculkan rasa kebersamaan dari seluruh peserta kemah dari seluruh Indonesia untuk kemudian bisa ditularkan kepada teman-temannya di sekolah.

“Kota Bogor diwakili oleh SDIT Sholahudin Bogor Barat, ada 8 putra dan 8 putri anggota pramuka, serta 4 orang pembina pendamping,” singkat Nurnawaly menambahkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *