Breaking News

Wakasad Tinjau Lokasi Program Ketanahanan Pangan di Kabupaten Sukabumi

Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad), Letjen TNI Arif Rahman, meninjau program gerakan ketahanan pangan dan penghijauan lahan di Ketahanan Pangan (Hanpangan) Kostrad, Desa Neglasari, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Rabu (20/12/2023). Foto : Dok Diskominfosan Kab Sukabumi

FOKUSMEDIANEWS.COM, KAB SUKABUMI – Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman mendampingi Kunjungan Kerja (Kunker) Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad), Letjen TNI Arif Rahman, dalam rangka meninjau program gerakan ketahanan pangan dan penghijauan lahan di Ketahanan Pangan (Hanpangan) Kostrad, Desa Neglasari, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Rabu (20/12/2023).

Hadir mendampingi Wakasad, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi, pejabat Forkopimda dan pejabat lainnya.

Ketahanan pangan merupakan suatu kondisi terpenuhinya kebutuhan pangan bagi rumah tangga yang tercermin dari tersedianya pangan secara cukup, baik dari jumlah maupun mutunya yang aman, merata dan terjangkau serta hasilnya dapat dirasakan oleh masyarakat

Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad), Letjen TNI Arif Rahman, mengaku bangga atas capaian program gerakan ketahanan pangan dan penghijauan lahan di wilayah Kabupaten Sukabumi yang sangat prospektif untuk menunjang kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga :   Sukabumi Student Camp, Bentuk Karakter Pelajar Sebagai Agen Perubahan

“Saya kesini melihat tentang ketahanan pangan yang dibuat oleh Kostrad. Alhamdulillah saya bangga sekali dengan hasil yang diharapkan berkat kerjasama dari semua pihak,” ungkapnya.

Foto : Dok Diskominfosan Kab Sukabumi

Wakasad menjelaskan, lahan ketahanan pangan di Kecamatan Ciemas sebelumnya merupakan lahan tidur, namun berkat kerjakeras dari semua pihak lahan tersebut menjadi perkebunan yang sangat bagus.

“Banyak sekali pengembangan lahan ditempat ini seperti, jagung, sayuran, buah-buahan, peternakan sapi, ayam, dan lainnya. Selain itu juga kita buatkan embung air dan irigasi untuk antisipasi terjadinya kekeringan saat kemarau tiba,” jelasnya.

Baca Juga :   Pemdakab Bogor Tuan Rumah Pencanangan Gerakan Tanam Cabai Serentak se-Indonesia

Wakasad pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Sukabumi yang telah mendukung penuh atas keberhasilan program gerakan ketahanan pangan dan penghijauan lahan ini, sehingga kedepan perkebunan tersebut dapat dijadikan pilot project di lingkungan angkatan darat untuk memotivasi lahan tidur lainnya yang ada di tanah air.

“Ini nantinya akan saya sampaikan kepada Bapak Kasad untuk pilot project di lingkungan Angkatan Darat, jadi pengembangnya bukan hanya disini tapi diseluruh Indonesia,” tandasnya.

Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman saat mendampingi Wakasad di Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi. (Foto.: Dok. Diskominfosan Kab. Sukabumi)

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman menambahkan, pengembangan program gerakan ketahanan pangan dan penghijauan lahan di Kecamatan Ciemas sangat berdampak positif untuk mempersiapkan ketahanan pangan di Kabupaten Sukabumi.

Baca Juga :   Enam Lumbung Pangan Diresmikan, Bupati Sukabumi : Komitmen Pemerintah Menjaga Stabilitas Ketersediaan Pangan

Maka dari itu, dengan adanya pengembangan pertanian di wilayah Kecamatan Ciemas bisa menjadi percontohan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Sukabumi khususnya masyarakat Ciemas.

“Ini baru percontohan disini, sebetulnya potensi kita kalau Kabupaten Sukabumi dalam perencanaan dibagi 5 wilayah, tetapi yang diutamakan adalah wilayah disini. Karena ini merupakan wilayah lahan tidur yang dulunya bekas dari perkebunan yang sudah tidak produktif,” pungkasnya.

Foto : Dok Diskominfosan Kab Sukabumi

Dalam kesempatan tersebut secara simbolis dilakukan penanaman jagung oleh Wakasad, Sekda serta pejabat tinggi lainnya. dilanjutkan dengan peninjauan perkebunan dan peternakan kawasan Hanpangan Kostrad, Desa Neglasari, Kecamatan Ciemas. (*rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *