Breaking News

Tiga Wartawan Senior Sukabumi Antusias Ikut UKW, Ahmad Syukri : Jadikan Contoh Bagi Wartawan Muda

Wartawan Senor Peserta UKW PWI Jabar-Sukabumi, Rachmat Djuniardi (68) ke-3 dari kiri, Machmud Yunus (72) ke-3 dari kanan dan AM Hamzah (74) ke-4 dari kanan, diapit oleh para penguji. (Foto : Istimewa)

FOKUSMEDIANEWS.COM, SUKABUMI – Tiga wartawan senior anggota PWI Kabupaten Sukabumi antusias mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan PWI Jawa Barat dan Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat di Salabintana Sukabumi, Senin dan Selasa (21-22/08/2023).

Ketiga Wartawan senior tersebut adalah Drs. Rachmat Djuniardi (68 tahun) pemegang KTA PWI Biasa seumur hidup dari sukabumizone.com, AM Hamzah (74 tahun) pemegang KTA PWI Biasa seumur hidup dari kabarjournalist.com dan Machmud Yunus (72 tahun) pemegang KTA PWI Biasa. Ketiganya merupakan anggota PWI Kabupaten Sukabumi.

Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Jawa Barat Ahmad Syukri sangat mengapresiasi keuletan ketiga wartawan senior tersebut.

” Saya mengapresiasi para senior yang ikut UKW. Diusianya yang tidak muda lagi mereka tetap semangat. Ini harus dijadikan contoh dan dorongan semagat bagi wartawan lain terutama yang masih muda untuk ikut UKW, sebagai syarat memiliki sertifikat kompetensi kewartawanan melalui serangkaian mata uji,” ujar Ari, panggilan Ahmad Syukri yang juga sebagai Penanggung Jawab UKW PWI Jawa Barat.

Baca Juga :   Asda I Setda Kabupaten Sukabumi : Kesiapsiagaan Pribadi dan Keluarga Faktor Utama Menghadapi Bencana
Ahmad Syukri (Ari) kanan saat UKW PWI di Kota Bandung (Foto : Antum)

Ari menambahkan, profesi wartawan itu tidak memandang usia dan tidak ada pensiunya, melekat sampai kapanpun. Karena itu harus terus membenahi dan membekali diri sehingga menjadi wartawan yang kompeten dan bekerja secara profesional.

Ari juga merasa senang karena wartawan senior di Jawa Barat, bukan hanya di Sukabumi, tetap antusias untuk mengikuti UKW. ” Berdasarkan pengalaman dalam penyelenggaraan UKW, rekor peserta UKW paling tua dipegang oleh Pak Keling dari majalengka usianya 77 tahun, peserta UKW Mandiri di Purwakarta. Beliau masih aktif dilapangan sampai sekarang,”  pungkas Ari.

Baca Juga :   Road Show UKW PWI Jabar Gelombang 2 Digelar di Kota Bogor, Simak Pesan Wagub Uu Saat Pembukaan !

Pada penutupan UKW PWI Jabar di Sukabumi, salah seorang wartawan senior peserta UKW H. Rachmat Djuniardi menyampaikan pesan dan kesannnya. Menurutnya, mengikuti UKW ini cukup menyenangkan dan tetap semangat terutama ingin memberikan support kepada wartawan yang masih muda.

Rachmat Djuniardi salah seorang wartawan senior di Sukabumi saat memberikan sambutan pesan dan kesan selama mengikuti UKW PWI Jabar-Sukabumi. (Foto : antum)

” Saya senang bisa ikut UKW ini, karena penuh tantangan. Didorong keinginan untuk memenuhi sertifikasi kompeten sebagai seorang wartawan, juga diharapkan jadi penyemagat bagi rekan-rekan wartawan lain yang masih muda untuk ikut UKW,” ucapnya.

Baca Juga :   Gelapkan Uang 200 Juta Dengan Kekerasan, Tersangka Diringkus Polisi

Rachmat yang juga mantan Ketua PWI Kabupaten Sukabumi menambahkan, dalam peraturan keanggotaan PWI diatur, peningkatan status keanggotaan dari muda ke biasa salah satu syaratnya harus memiliki sertifikat UKW. Jadi ini penting bagi anggota PWI.

” Meskipun bagi saya tidak lagi, karena status keanggotaan saya sebagai Anggota Biasa Seumur Hidup. Tapi saya tetap semangat untuk ikut UKW. Saya berharap teman-teman yang belum ikut segera mempersiapkan diri untuk ikut UKW sesuai jenjang yang ditentukan,” ucap Rachmat, diikuti riuh tepuk tangan peserta. (*iki)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *