Breaking News

Tiga Bangunan di Kota Sukabumi Ditetapkan Sebagai Cagar Budaya, Salah Satunya Balai Kota

Sidang Untuk Menetapkan Tiga Bangunan Bersejarah di Kota Sukabumi Sebagai Cagar Budaya, Selasa (5/12/2023) di Hotel Taman Sari Kota Sukabumi. Foto-sukabumikota.go.id

FOKUSMEDIANEWS.COM, KOTA SUKABUMI – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Sukabumi menggelar Sidang Penetapan Objek Diduga Cagar Budaya Menjadi Cagar Budaya pada 5 Desember 2023 di Hotel Taman Sari. Sidang yang diisi pula dengan kegiatan sosialisasi dibuka secara resmi oleh Penjabat Wali Kota, Kusmana Hartadji.

Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Kota Sukabumi, Rita Handayani, dalam laporannya menyampaikan terdapat tiga objek bangunan yang akan dikaji untuk ditetapkan menjadi cagar budaya yaitu Balai Kota, Rumah Pengasingan Sutan Sjahrir serta Gereja Sidang Kristus.

Baca Juga :   Pj Wali Kota Sukabumi Hadiri Peringatan May Day di Santa Sea Waterpark

Sementara itu Penjabat Wali Kota dalam sambutannya ketika membuka jalannya sidang, mengatakan bahwa penetapan objek diduga cagar budaya menjadi cagar budaya, merupakan upaya untuk menjawab salah satu tantangan dalam usaha pelestarian cagar budaya yakni alih fungsi objek. Disebutkan pula selain tiga objek bangunan yang menjadi fokus dalam sidang kali ini, masih terdapat belasan objek bangunan di Kota Sukabumi yang memiliki nilai historis dan harus dilestarikan dengan menetapkannya sebagai cagar budaya.

Baca Juga :   Culinary Night di Eks Terminal Sudirman Kota Sukabumi, Perkuat Kebangkitan UMKM

Sedangkan ketika diwawancarai ia mengungkapkan bahwa pasca penetapan, maka hal yang harus dilakukan kedepannya adalah melestarikan tiga objek cagar budaya tersebut dengan menyediakan anggaran perawatan. Ia pun menerangkan bahwa penetapan cagar budaya merupakan salah satu bentuk penghargaan terhadap sejarah perjalanan bangsa.

“PR kita selanjutnya adalah maintenance tiga cagar budaya yang akan ditetapkan. Ini adalah bukti sejarah bangsa ini terutama di Kota Sukabumi. ini merupakan penghargaan kita terhadap budaya dan tokoh-tokoh bersejarah,” ujarnya. (*Rls)

Baca Juga :   Bima Arya Buka Raker KONI dan Serahkan SK Pegawai Atlet dan Pelatih Berprestasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *