Breaking News

Sosialisasi KIM Kabupaten Bandung Barat, Tingkatkan Peran Dalam Pembangunan

Sosialisasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) digelar di Gedung Serbaguna Anessa, Kabupaten Bandung Barat, Sabtu, 23 Desember 2023. (Foto : Dok jabarprov.go.id)

FOKUSMEDIANEWS.COM, BANDUNG – Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Bandung Barat, Yoppie Indrawan Iskandar, membuka acara Sosialisasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM). Acara yang mengusung tema ‘Jelajah Desa’ digelar di Gedung Serbaguna Anessa, Kabupaten Bandung Barat, Sabtu (23/12/2023).

Dalam kesempatan itu, Yoppie Indrawan Iskandar menyampaikan, peran desa saat ini tidak lagi sekedar menjadi objek prioritas pembangunan. Namun kini desa memiliki peran besar sebagai penentu pembangunan, sesuai amanat dari Undang-Undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa.

Baca Juga :   Tingkatkan Kompetensi SDM, Diskominfo Kabupaten Bogor Gelar Bimtek Teknologi Informasi

Cepatnya laju pembangunan globalisasi saat ini, berdampak pada perlunya prakarsa-prakarsa baru dari para pemangku kepentingan yang ada di perdesaan, untuk mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman.

“Peran Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) sangat diharapkan dalam membantu penyelenggaraan pembangunan Pemeritah Daerah,” tuturnya.

Depi Agung Setiawan, Pranata Humas Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat yang hadir sebagai narasumber menuturkan, keberadaan KIM yang ada di pedesaaan tidak hanya berfungsi untuk menggali dan menyajikan informasi terkait potensi desa.

Baca Juga :   Pemkab Sukabumi Akan Optimalkan Pasokan Kebutuhan Masyarakat Guna Menekan Inflsi Daerah

“Kelompok Informasi Masyarakat juga dituntut untuk piawai dalam memonitor opini dan aspirasi publik, juga harus mampu memilah beragam informasi yang beredar di tengah masyarakat,” katanya.

Merujuk pada Permenkominfo nomor 08/Per/M.Kominfo/6/2010, Depi menyebut, KIM harus mampu mewujudkan jejaring diseminasi informasi nasional dan mendorong partisipasi dalam demokrasi masyarakat dan pembangunan.

“KIM juga dapat berperan sebagai pendorong peningkatan kualitas media massa dan kecerdasan masyarakat dalam mengonsumsi informasi, serta membangun masyarakat yang informatif,” ujarnya.

Baca Juga :   Kunjungi Kab Sukabumi, Kotawaringin Barat Studi Strategi Keberhasilan KKS

Kaitannya dengan Pemilu 2024, Depi mengajak seluruh elemen masyarakat yang ada di desa agar dapat berkolaborasi dengan jajaran KIM memberantas penyebaran hoaks. (*rls)

Sumber : jabarprov.go.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *