Breaking News

Perkuat Distribusi Informasi, Diskominfosan Kab. Sukabumi Jalin Kemitraan Strategis Dengan KIM

FOKUSMEDIANEWS.COM, KAB. SUKABUMI – Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Sukabumi selenggarakan Bimtek Peningkatan Sumber daya Komunikasi Publik Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) selama dua hari, di Hotel Augusta Jl. Raya Cikukulu No. 72 Cisande Kecamatan Cicantayan, hari Selasa dan Rabu (22-23/11/2022).

Kabid IKP Diskominfosan, Hendra Setiawan menjelaskan, kegiatan tersebut diselenggarakan mengingat distribusi informasi menjadi penting dan strategis karena informasi merupakan kebutuhan pokok setiap orang untuk pengembangan pribadi dan lingkungan sosialnya serta merupakan bagian penting bagi ketahanan nasional.

Baca Juga :   Kepergok Pegawai Minimarket, Komplotan Penjahat Gagal Bobol Mesin ATM di Cicurug

“Dalam prosesnya distribusi informasi tidak bisa dilakulan sendiri oleh pemerintah di tiap tingkatan, perlu adanya kemitraan yang tepat dan efektif, supaya informasi bisa menjangkau masyarakat lebih luas. Salah satunya bermitra dengan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) guna menyampaikan manfaat informasi serta membangun masyarakat sadar informasi” ucap Hendra.

Ditambahkannya, KIM sebagai simpul komunikasi antara pemerintah dan masyarakat, juga berperan sebagai penyebar (diseminator) informasi kepada masyarakat. KIM yang dibentuk oleh masyarakat dari masyarakat dan untuk masyarakat secara mandiri dan kreatif mengelola informasi dan pemberdayaan masyarakat guna meningkatkan nilai tambah di berbagai sektor.

Baca Juga :   Ketua Umum PWI Pusat Resmikan Pojok Baca Digital PWI Jabar

“Ada peran penting yang sangat bermanfaat karena KIM dibentuk mengenali cara pemecahan masalah, membuat keputusan bersama, melaksanakan keputusan dengan kerjasama dan mengembangkan jaringan informasi untuk memecahkan masalah” ungkapnya.

Hendra juga berharap, dengan aktifnya Kelompok Informasi Masyarakat dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam perkembangan informasi dan komunikasi.

Pada kesempatan itu dilakukan juga rapat kerja FK KIM Kab. Sukabumi yang menghasilkan rencana strategis di tahun 2023.

Baca Juga :   Culinary Ramadhan Resmi di Buka, Bupati Sukabumi Berharap UMKM Inovatif Go Internasional

Kegiatan yang diikuti oleh 50 peserta dari pengurus KIM dan FK KIM Kab. Sukabumi tersebut juga dihadiri oleh Kabid Statistik Yusep N. Barnasyah, Subkor Pranata Humas Kiki Avilian, Subkor kemitraan Komunikasi publik Ely Rosmiati, serta Subkor Peliputan dan dokumentasi Iwan Setiawan. (antum)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *