Breaking News

Road Show UKW PWI Jabar Gelombang 2 Digelar di Kota Bogor, Simak Pesan Wagub Uu Saat Pembukaan !

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum didampingi Ketua PWI Jawa Barat Hilman Hidayat (kanan) dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Hj. Syarifah Sofiah (kiri) secara resmi membuka Road Show UKW Gelombang 2 Angkatan 53, 54 dan 55, di Hotel Salak Heritage Jl. Ir. Juanda No. 8 Kota Bogor Jawa Barat, Selasa (27/12/2022).

FOKUSMEDIANEWS.COM – KOTA BOGOR – Wakil Gubernur Jawa Barat H. Uu Ruzhanul Ulum mengungkapkan, di era digitalisasi media harus mampu memproduksi berita yang memenuhi kualitas konten, kecepatan dan ketepatan. Tuntutan tersebut hanya bisa dilakukan oleh wartawan yang memiliki kompetensi. Untuk mengukur kompetansi wartawan itulah melalui Uji Kompetensi Wartawan atau UKW.

Hal itu disampaikan Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum, dalam sambutan pembukaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan 53,54,55 tahun 2022, di Hotel Salak Heritage Jalan Ir. H. Juanda No.8 Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor Jawa Barat, Selasa (27/12/2022).

Baca Juga :   Selama 10 Tahun Kepmimpinan Bima Arya Kota Bogor Raih 384 Penghargaan, Dipajang di Galeri dan Perpustakaan

Lebih jauh Uu mengungkapkan, baik buruknya media bergantung pada kualitas wartawannya. Wartawan yang sudah kompeten akan menjalankan fungsinya sesuai perundang-undangan yang berlaku, diantaranya memberikan informasi, edukasi, hiburan dan kontrol sosial.

“UKW ini sangat penting untuk mengevaluasi kemampuan wartawan, mengukur standarisasi wartawan, meningkatkan kualitas wartawan, meningkatkan jenjang karir wartawan,” tuturnya.

Wagub Uu berharap, dengan UKW mampu mencetak wartawan kompeten yang mampu memberikan informasi yang mencerdaskan masyarakat, bukan menyesatkan masyarakat. Wartawan yang mampu memerangi hoaks, bukan menciptakan hoaks.

Baca Juga :   Tiga Wartawan Senior Sukabumi Antusias Ikut UKW, Ahmad Syukri : Jadikan Contoh Bagi Wartawan Muda

Sementara Sektetaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Hj. Syarifah Sofiah mengungkapkan, telah terjadi perubahan pesat di dunia pers. Perubahan ini harus disikapi dengan profesionalitas atau tingkat kompetensi.

“Ada beberapa hal yang perlu dipahami, dimana berita sudah menjadi produk intelektual, tidak boleh plagiat dan wartawan sebagai aktor yang dituntut kerja profesional,” ujar Syarifah Sofiah.

Baca Juga :   Ciptakan Situasi Aman, Forkopimda Kota Bogor Gelar Silaturahmi dan Deklarasi Pemilu 2024

Lebih lanjut Syarifah menyebutkan, wartawan sebagai pelaku profesi perlu memiliki Institusi (organisasi) diantaranya PWI, sebagai wadah bersama memasuki industri media yang sesuai standarisasi.

Masih menurutnya, bagi mitra kerja wartawan tentu berharap kemitraan terjalin berdasarkan standarisasi sebagaimana telah diatur dengan regulasi.

“Pemerintah Kota Bogor sangat mendukung program UKW 1.000 wartawan, yang terselenggara atas kerjasama PWI Jabar dengan Pemprov Jabar, dalam upaya meningkatkan kompetensi wartawan di Jawa Barat,” ucapnya. (ANz).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *