Breaking News

Rapimkot Kadin, Bima Arya Paparkan Tantangan dan Strategi ke Depan

Wali Kota Bogor Bima Arya menyampaikan strategi dalam menghadapi tantangan di tingkat daerah, provinsi hingga pusat pada Rapimkot Kadin Kota Bogor di Auditorium M. Arsjad Rasjid, Gedung Graha Kadin Kota Bogor, Kamis (29/2/2024). (Foto : Diskominfo Kota Bogor)

FOKUSMEDIANEWS.COM, KOTA BOGOR – Wali Kota Bogor, Bima Arya, membuka Rapat Pimpinan Kota (Rapimkot) Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Kota Bogor di Auditorium M. Arsjad Rasjid, Gedung Graha Kadin Kota Bogor, Kamis (29/2/2024).

Selanjutnya, secara simbolis dilakukan penekanan tombol layar oleh Wali Kota Bogor, Bima Arya bersama Wakil Ketua Bidang KOP Kadin Provinsi Jawa Barat (Jabar), Deny Yunizar, Ketua Umum Kadin Kota Bogor, Almer Faiq Rusydi serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Bogor.

Pada Rapimkot Kadin Kota Bogor yang mengusung tema Tantangan Peluang dan Smart nation Menuju Indonesia Emas 2045 ini, Bima Arya menyampaikan strategi dalam menghadapi tantangan di tingkat daerah, provinsi hingga pusat. Sehingga setiap program bisa terkoneksi, sinkron dan berdampak langsung kepada warga.

Saat ini, angka capaian program pemerintah di tingkat pusat, Jawa Barat termasuk Kota Bogor, seperti angka kemiskinan, angka pengangguran, pertumbuhan ekonomi, pembangunan infrastruktur dan sebagainya menunjukkan angka-angka yang semakin membaik.

“Sehingga tantangan kota di Jawa Barat dan Indonesia itu sama semuanya. Kalau kita bicara 2045, angka-angka (capaian program) itu angkanya keren, tapi challengenya itu sama, seperti dengan program Kadin, bagaimana rumusnya, strateginya, taktiknya, ada angka yang canggih tadi itu dirasakan oleh warga sehingga itu nyambung dengan dinamika yang ada di lapangan,” katanya.

Baca Juga :   Wakil Wali Kota Bogor Terima Kunjungan Tim KIB

Sehingga, dengan strategi yang sinkron antara daerah, provinsi dan pusat, kemajuan pertumbuhan ekonomi, terkendalinya angka inflasi, menurunnya angka kemiskinan itu semua bisa betul-betul dirasakan warga terkait kebutuhan dasar warga yang bisa juga terpenuhi.

“Semua itu harus nyambung. Karena itu untuk memastikan bahwa 2045 itu nyambung dengan keseharian semuanya, di situ semua harus disinkronkan, rencana pembangunannya ke depan harus sinkron. Pondasinya sudah ada, tinggal di sinkronkan antara pusat, provinsi dan kabupaten/kota,” ujarnya.

Dalam pembukaan Rapimkot Kadin Kota Bogor ini juga dilakukan penandatanganan kerja sama antara bidang-bidang di kepengurusan Kadin Kota Bogor bersama beberapa dinas di Kota Bogor dalam sinergi membangun Bogor terus menjadi kota maju.

“Apresiasi inisiatif dari pak Almer dan teman-teman Kadin untuk melanjutkan kolaborasi dengan pemerintah kota, penguatan kapasitas membangun kolaborasi antara pengusaha itu dengan masing -masing dinas terkait kompetensi masing masing dan tupoksi masing-masing. Itu saya kira penting ya,” jelasnya.

Wakil Ketua Bidang KOP Kadin Provinsi Jawa Barat (Jabar) Deny Yunizar, membacakan sambutan dari Ketua Umum Kadin Jabar Cucu Sutara. Ia menyampaikan selamat dan sukses atas diselenggarakannya Rapimkot Kadin Kota Bogor.

Baca Juga :   Momentum HUT ke-53 RSUD Sekarwangi Dituntut Tingkatkan Mutu Pelayanan

“Rapimkot ini diadakan untuk menghasilkan ide-ide dan solusi terbaik yang dapat membantu membawakan Kota Bogor yang profesional, berkualitas dan menjawab tantangan dan peluang yang akan muncul di masa depan,” katanya.

Deny juga menyampaikan bahwa Kadin Jawa Barat mengapresiasi kegiatan Kadin Kota Bogor yang juga melibatkan tenaga ahli di bidang riset dan inovasi serta pimpinan daerah dan jajaran Pemkot Bogor untuk juga bersama-sama berbagi ide, gagasan, solusi terkait peran penting Kadin Kota Bogor ke depan.

“Sehingga keberadaan Kadin dapat membantu membangun agenda dan priotitas untuk kemajuan ekonomi, sumber daya manusia serta potensi yang ada di Kota Bogor untuk persiapan di masa yang akan datang,” katanya.

Ketua Umum Kadin Kota Bogor, Almer Faiq Rusdi menyampaikan terima kasih kepada Wali Kota Bogor, Bima Arya dan segenap OPD yang telah berkolaborasi dengan tulus dan ikhlas untuk membangun Kota Bogor lebih baik lagi.

“Kami berkomitmen, di periode masa pertama saya ini kurang lebih sudah berjalan 3 tahun kurang tersisa dua tahun lagi, mudah-mudahan kami semua bisa bermanfaat untuk pelaku usaha yang ada di Kota Bogor dan juga bisa bermitra dengan baik dengan stakeholder yang ada, khususnya Pemkot Bogor bersama OPD terkait untuk kemajuan Kota Bogor lebih baik lagi di tahun 2024,” ujarnya.

Baca Juga :   Pemkot dan DPRD Kota Bogor Sahkan Raperda PP APBD 2022

Rapimkot Kadin Kota Bogor ini sebagai wadah yang menyatukan seluruh kepengurusan Kadin Kota Bogor serta para pemimpin dari berbagai asosiasi, perkumpulan, pemerintah dan perusahaan untuk memberikan ruang berdiskusi dan berkolaborasi.

“Selain itu dalam kegiatan ini Kadin juga melakukan suatu proses evaluasi atas pelaksanaan program kerja dan juga kembali merumuskan langkah dalam perencanaan di internal dalam program kerja tahunan yang disusun sesuai perkembangan tren Tantangan Peluang dan Smart Nation Menuju Indonesia Emas 2045,” kata Ketua Panitia Rapimkota, Aska B.D Rahmat saat memberikan laporan kegiatan.

Rapimkot ini lanjut Aska, selain agenda tahunan juga menunjukan pentingnya organisasi terhadap pelaksanaan apa yang sudah dilaksanakan, sehingga bisa diketahui terkait kelemahan dan masalah yang dihadapi untuk kembali merumuskan langkah penyempurnaan dalam program yang harus dilakukan ke depan. (*rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *