Breaking News

Rakernas Reformasi Agraria, Bupati Sukabumi : Program Prioritas di Wilayah Kabupaten Sukabumi

Rapat kerja nasional (Rakernas) reforma agraria bersama Kemenko Bidang Perekonomian RI, digelar secara hybrid. (Foto : FB Resmi Pemkab Sukabumi)

FOKUSMEDIANEWS.COM, KAB SUKABUMI – Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) reforma agraria bersama Kemenko Bidang Perekonomian RI, Selasa (31/10/2023). Kegiatan yang dilaksanakan secara hybrid ini, dipimpin langsung Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang juga sebagai Ketua Tim Percepatan Reforma Agraria Nasional.

Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, telah banyak capaian berkaitan reformasi agraria sejak lima tahun terakhir. Hal tersebut terwujud berkat dukungan dan komitmen semua pihak.

Baca Juga :   RSUD Sekarwangi Raih Penghargaan The Best Hospital In Service & Performance Excellent Of The Year

“Seluruh Gugus Tugas Reforma Agraria telah bekerja keras. Terutama dalam hal penataan aset hingga akses, khususnya yang berkaitan dengan reforma agraria,” ujarnya.

Namun, kegiatan rakernas ini harus dilaksanakan untuk memonitoring dan mengevaluasi lebih lanjut capaian reforma agraria. Terutama, melalui berbagai program yang telah ditetapkan dan tertuang dalam rencana kerja.

“Rakernas ini untuk menyelesaikan hambatan di lapangan dan menindaklanjuti terobosan dalam mengakselererasi reforma agraria,” ucapnya.

Baca Juga :   Kanwil Kementrian Hukum dan HAM Jabar Gelar Bakti Sosial Pengentasan Stunting

Selain itu, dirinya mengajak seluruh lembaga atau kementerian hingga kepala daerah di semua tingkatan dapat berkolaborasi. Bahkan, menjadi reforma agraria sebagai program prioritas.

“Semua ini sebagai upaya penataan kembali struktur penguasaan, kepemilikan, penggunaan, dan pemanfataan tanah yang lebih berkeadilan,” ungkapnya.

Maka dari itu, terdapat empat terobosan yang harus dilaksanakan. Hal itu dimulai dari TORA kawasan industri, penyelesaian konflik agraria, penguatan kelembagaan reforma agraria, hingga percepatan pelaksaan penataan dan akses.

Baca Juga :   Jamkrindo Sosialisasikan Surety Bond, Sekda Sukabumi : Peluang Mendukung Pembangunan Daerah

“Mohon kerjasamanya. Sehingga, hasil rakernas ini dapat mempercepat target reforma agraria,” harapnya.

Bupari Sukabumi mengikuti Rapat kerja nasional (Rakernas) reforma agraria bersama Kemenko Bidang Perekonomian RI, digelar secara hybrid. (Foto : FB Resmi Pemkab Sukabumi)

Sementara itu, H. Marwan Hamami mengaku program reforma agraria sudah berjalan di Kabupaten Sukabumi.

“Ya, sudah kita melakukannya (memprioritaskan program reforma agraria),” pungkasnya. (*Rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *