Breaking News

Perpustakaan dan Galeri Kota Bogor Buka Sabtu Minggu, Kerahkan 27 Relawan Literasi Squad

FOKUSMEDIANEWS.COM, KOTA BOGOR – Setelah berjalan satu pekan sejak Sabtu (4/3/2023), akhirnya Literasi Squad Perpustakaan Kota Bogor diresmikan Wali Kota Bogor, Bima Arya di Auditorium Perpustakaan dan Galeri Kota Bogor, Jalan Kapten Muslihat, Sabtu (11/3/2023).

27 orang Literasi Squad ini merupakan relawan yang siap bertugas menjaga Perpustakaan Kota Bogor setiap Sabtu dan Minggu dengan masa uji coba selama tiga bulan.

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan (Diarpus) Kota Bogor, Rudiyana mengatakan, Perpustakaan Kota Bogor telah tumbuh menjadi salah satu icon di Kota Bogor. Keberadaannya menjadi ruang bagi warga untuk berinteraksi dan mencari sumber inspirasi baru dalam rangka memperkaya literasi warga.

Foto : Diskominfo Kota Bogor

Hal ini terbukti dengan banyaknya permintaan dari masyarakat agar perpustakaan tidak hanya buka di hari kerja, tetapi juga di Sabtu dan Minggu. Permintaan ini tentu membutuhkan SDM yang tidak sedikit.

Baca Juga :   FTBI Tingkat Jabar Digelar, Wabup Iyos Lepas Kontingen FTBI Kabupaten Sukabumi

Sebaliknya, pada saat yang sama, kompensasi bagi ASN dan non-ASN untuk memberikan layanan di Sabtu-Minggu belum dianggarkan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor

“Jadi keberadaan relawan-relawan literasi yang disebut sebagai Literasi Squad ini menjadi penting,” ujarnya.

Anggota Literasi Squad angkatan pertama terdiri dari dua komunitas besar, yaitu komunitas duta baca dan komunitas generasi berencana (genre) dengan jumlah keseluruhan sebanyak 27 orang yang bertugas di Sabtu atau Minggu.

Relawan menjalankan tugas layaknya petugas perpustakaan, mulai dari front office sampai penjaga di ruang baca dengan supervisi dari 3 orang pegawai Diarpus Kota Bogor.

Baca Juga :   Pembinaan Sepakbola Usia Dini di Kota Bogor, Ini Harapan Wakil Wali Kota !

“Sebelum mulai terjun ke pelayanan para relawan telah dibekali teori pelayanan prima dan pemagangan di setiap divisi yang ada perpustakaan dan sebagai bagian apresiasi bagi relawan diberikan insentif berupa Go Pay sebesar Rp 200 ribu setiap bulan, kaos relawan, dan piagam apresiasi dari Wali Kota Bogor di akhir program,” kata Rudiyana.

Foto : Diskominfo Kota Bogor

Di tempat yang sama, Manajer Hubungan Pemerintah dan Kebijakan Publik Gojek Jabodetabek, Zidny Ilman mengatakan, pihaknya diajak Pemkot Bogor untuk berkolaborasi mensupport Literasi Squad yang merupakan inisiatif baru, yakni memastikan perpustakaan Kota Bogor buka di Sabtu dan Minggu.

“Kami support dengan memberikan Go Pay Rp 200 ribu untuk biaya transportasi bagi seluruh anggota Literasi Squad. Go Pay bisa digunakan untuk mereka naik Gojek dan Gocar,” terangnya.

Baca Juga :   Cegah Sweeping Ormas, Satpol PP dan Polsek Jampang Tengah Tutup Warung yang Diduga Sebagai Tempat Prostitusi

Ia menerangkan, kerja sama ini akan berlangsung selama tiga bulan agar jika ke depan ada penyesuaian bisa dilakukan evaluasi. Pasalnya, support Literasi Squad ini baru kali pertama dilakukan Gojek di Kota Bogor.

Hal ini menjadi pengalaman baru untuk Gojek sekaligus membuat kami semangat apalagi animo masyarakat Kota Bogor untuk datang ke perpustakaan di Sabtu dan Minggu sangat tinggi.

“Perpustakaan Kota Bogor ini bisa jadi tempat hiburan selain Mal. Saya berharap program ini bukan hanya jangka pendek, tapi bisa jangka panjang dan kami siap berkolaborasi karena ini berdampak positif,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *