Breaking News

Peringatan Hari Diabetes Sedunia, Kadinkes Jabar Himbau Terapkan Prilaku ‘Cerdik’

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat Vini Adiani (Foto : diskes.jabarprov.go.id)

FOKUSMEDIANEWS.COM, KOTA BANDUNG – Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat Vini Adiani menghadiri Kegiatan World Diabetes Day (WDD) Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh RS Hasan Sadikin (RSHS) di Holiday Inn, Kota Bandung, Jumat (17/11).

“Mari jalani hidup dengan menerapkan perilaku “cerdik” untuk hidup sehat lebih lama,” kata Vini Adiani dalam sambutannya.

Cerdik, menurut Vini, merupakan singkatan. Dimana C maksudnya cek kesehatan secara berkala, E diambil dari kata enyah, maksudnya enyahkan asap rokok, R dari kata rajin aktivitas fisik, D dari kata diet sehat dengan kalori seimbang, I dari kata istirahat cukup dan K dari kata kelola stres.

Baca Juga :   Si Jago Merah Hanguskan Rumah di Lembur Tegal Cijengkol Caringin Sukabumi

Konsep “Cerdik” merupakan salah satu upaya dalam mencegah diabetes melitus. Sejalan dengan fokus utama peringatan hari diabetes sedunia, yang diperingati setiap 14 November.

Tahun ini dalam memperingati hari diabetes sedunia fokus pada beberapa upaya, yaitu “Temukan Diabetes, Kelola Diabetes, Cegah Diabetes”, dengan tagline “Deteksi Cepat, Respon Tepat”.

Temukan diabetes, melalui diagnosis di awal dan pengobatan adalah kunci untuk membantu mencegah atau menunda terjadinya komplikasi serta ketahui tanda dan gejala untuk menjaga diri sendiri dan keluarga.

Cegah diabetes, yaitu mengurangi risiko diabetes mulai dari rumah dengan mengkonsumsi makanan sehat dan melakukan aktivitas fisik bersama semua anggota keluarga. Pelajari risiko, tanda-tanda peringatan, dan apa yang dapat dilakukan untuk mencegah diabetes dan komplikasinya. Tinggal di lingkungan yang mendukung gaya hidup sehat dan membantu mencegah diabetes cegah diabetes tipe 2.

Baca Juga :   Cegah Longsor Bantaran Sungai, Sektor 6 Citarum Harum Laksanakan Penanaman Vertiver

Kelola diabetes, yaitu mengelola diabetes membutuhkan perawatan setiap hari, pemantauan secara teratur, gaya hidup sehat dan edukasi berkelanjutan.

“Pada peringatan hari diabetes sedunia ini saya mengimbau seluruh lapisan masyarakat khususnya peran keluarga yang dinilai sangat besar untuk membantu menurunkan angka diabetes di dalam keluarga,” katanya.

Hal tersebut menurutnya dapat dilakukan dengan cara meningkatkan kesadaran terhadap dampak diabetes di dalam keluarga dan mendukung mereka yang menjadi penyandang Diabetes Melitus (DM) serta meningkatkan peran keluarga dalam manajemen, kepedulian, pencegahan, dan pendidikan terkait penyakit tersebut.

Baca Juga :   Banjir di Desa Pasirbaru Cisolok, Dua Rumah Hanyut dan Puluhan Lainnya Terendam

Hari diabetes sedunia diperingati setiap tahun dengan tujuan untuk memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat umum, petugas kesehatan, pemegang Program Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) dan pemerhati diabetes yang bertujuan meningkatkan pencegahan dan pengendalian diabetes.

Editor   :  Anom Nurzain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *