Breaking News

Pemdakab Bogor Tuan Rumah Pencanangan Gerakan Tanam Cabai Serentak se-Indonesia

Rapat Koordinasi mematangkan rencana Kabupaten Bogor menjadi tuan rumah pencanangan Gerakan Tanam Cabai (Gertam Cabai) yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia, di Ruang Rapat Pendopo Bupati Bogor, Cibinong (13/2/2024). (Foto : Dok Diskominfo kab Bogor)

FOKUSMEDIANEWS.COM, KAB. BOGOR – Kabupaten Bogor dipilih menjadi tuan rumah Pencanangan Gerakan Tanam Cabai Serentak se-Indonesia, yang akan digelar 4 Maret 2024. Kegiatan itu sekaligus bertepatan dengan peringatan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ke-52.

Berkaitan dengan itu, Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemdakab) Bogor bersama Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) pusat dan Kabupaten Bogor menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) untuk mematangkan persiapan. Rakor dilaksanakan di Ruang Rapat Pendopo Bupati Bogor, Cibinong (13/2/2024).

Baca Juga :   Walkot Bogor Bima Arya Berbagi Pengalaman Bersama Peserta Program 100 Parlemen Muda

Pj. Ketua TP PKK Kabupaten Bogor, Siti Chomzah menerangkan, rapat koordinasi ini dalam rangka mematangkan rencana Kabupaten Bogor menjadi tuan rumah pencanangan Gerakan Tanam Cabai (Gertam Cabai) yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia.

“Rapat ini adalah tindak lanjut dari rapat-rapat sebelumnya. Sebelumnya telah dilakukan survei lokasi pencanangan, yang dihadiri oleh Tim TP PKK Pusat, Badan Pangan Nasional, jajaran Pemdakab Bogor dan TP PKK Kabupaten Bogor,” terang Siti Chomzah.

Siti menambahkan, rencananya Alun-Alun Cirimekar di Kecamatan Cibinong akan dijadikan lokasi pencanangan Gerakan Tanam (Gertam) Cabai pada tanggal 4 Maret 2024 mendatang. Dan hari tersebut juga bertepatan dengan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-52.

Baca Juga :   Bupati Sukabumi Hadiri Festival dan Gelar Budaya Hari Nelayan Palabuhanratu, Masuk Agenda Kharisma Event Nusantara 2024

Ketua Bidang Penguatan Ketahanan Keluarga TP PKK Pusat, Ai Dariah Gede Suratha menjelaskan, Kabupaten Bogor terpilih menjadi tuan rumah pencanangan Gertam Cabai yang bertepatan dengan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ke-52.

“Selain Gertam Cabai, akan dilaksanakan juga Gerakan Pangan Murah, kampanye stop boros pangan yang merupakan permasalahan nasional yang sangat mendesak. Kemudian ada kegiatan edukasi peningkatan gizi terutama pada anak usia sekolah, pameran UMKM, dan kegiatan lainnya,” jelas Ai.

Baca Juga :   Respon Keluhan Panti ODGJ Cilacap, Petugas Dinsos Jabar Langsung ke Cilacap Berikan Bantuan

Ai mengungkapkan, Alun-Alun Cirimekar di Kecamatan Cibinong yang diusulkan jadi lokasi pencanangan. “Menurut hemat kami sangat representatif. Kegiatan ini bertujuan untuk memasyarakatkan gerakan tanam cabai kepada masyarakat. Dimana cabai menjadi salah satu komoditas yang kerap memberikan dampak kepada inflasi setiap tahunnya,” pungkasnya. (*rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *