Breaking News

Pameran Inacraft 2024, Kabupaten Bogor Pamerkan Produk Kerajinan

Sumber : Jabarprov.go.id

FOKUSMEDIANEWS.COM, KAB. BOGOR – Penjabat (Pj) Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Bogor, Siti Chomzah, bersama Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Nani Suhajar Diantoro, tinjau langsung stand pameran produk kerajinan Kabupaten Bogor dalam kegiatan International Handicraft Trade Fair (Inacraft 2024), yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Rabu (28/2/2024).

Presiden RI, Joko Widodo, setelah membuka secara resmi pameran Inacraft 2024, menyempatkan diri untuk mengunjungi stand Dekranasda dan stand Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bogor untuk melihat dan membeli beberapa produk kerajinan hasil Dekranasda Kabupaten Bogor.

Baca Juga :   Ditutup Selama 2 Bulan Lebih Karena Longsor, Jalan KH.Tb.Muhammad Falak Kota Bogor Kini Bisa Dilintasi

Siti Chomzah mengungkapkan, ada sembilan produk kerajinan yang ditampilkan, diantaranya, Fesyen, aksesoris, rajutan, batu ukir, Batik Kemang dan batik berbahan dasar arang kelapa. Ia berharap, acara ini dapat membantu UMKM Kabupaten Bogor.

“Mudah-mudahan dengan adanya ajang Inacraft 2024 ini dapat mendorong para UMKM agar bisa mempromosikan produknya secara optimal,” ujar Siti.

Menurut Siti, kegiatan Inacraft 2024 ini  bisa menjadi bahan studi para perajin untuk bisa mempelajari produk-produk unggulan kerajinan dari daerah lain. Lebih lanjut, kata Siti, Kabupaten Bogor bisa terus berpastisipasi di kegiatan ini.

“Kami harap tiap tahun kegiatan ini bisa berkelanjutan di ikuti oleh Dekranasda Kabupaten Bogor. Karena di Inacraft ini juga ada Inacraft Award yaitu penghargaan yang diberikan bagi produk-produk kerajinan yang tentunya sudah terpilih dan diseleksi, dan kita dari Kabupaten Bogor itu menampilkan dua produk yang akan dinilai dalam Inacraft Award yakni kerajinan batu ukir dan jam terbuat dari bambu tanpa baterai. Dua kerajinan ini merupakan karya seni yang luar biasa semoga kita bisa jadi terbaik pada Inacraft Award tahun 2024 ini,” terangnya.

Baca Juga :   Pemdakab Bogor Tuan Rumah Pencanangan Gerakan Tanam Cabai Serentak se-Indonesia

Selanjutnya, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DiskopUKM) Provinsi Jawa Barat, Rochmat Taufik Garsadi, menyatakan, apresiasi atas keikutsertaan Dekranasda Kabupaten Bogor dalam kegiatan Inacraft tahun 2024.

Ia menuturkan, kerajinan yang bisa tampil dalam ajang ini adalah produk unggulan yang sudah melalui tahap kurasi yang sangat selektif dan siap untuk dipasarkan.

Baca Juga :   Persib Vs Persis Solo di Pekan ke-24 Liga 1, Kedua Klub Matangkan Pesiapan

“Terus tingkatkan kualitas produknya jangan sampai menurun, serta ikuti secara berkelanjutan setiap tahunnya,” katanya.

Turut hadir dalam acara ini, Kepala Disbudpar, Kepala Dinas DiskopUKM, Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan, Sekretaris Diskominfo, Kabag Perekonomian, dan para pengrajin serta pelaku UMKM Kabupaten Bogor.  (*rls)

Sumber : Humas Prov Jabar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *